60 Personel Kodim Tabanan Jalani Rapid Test Antigen

by

Konsepnews.com, Tabanan – Kodim 1619/Tabanan melakukan rapid test antigen bagi sejumlah personelnya bertempat di Makodim 1619/Tabanan, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya bersama untuk menanggulangi perkembangan Pandemi Covid-19 dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan melaksanakan rapid test antigen kepada ASN, Tenaga Kontrak, Guru dan TNI-Polri di Wilayah Kabupaten Tabanan.

Demikian diungkapkan oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P., di Makodim pada pelaksanaan tes tersebut.

Menurut Dandim, rapid test antigen juga dalam rangka menghindarkan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Kodim 1619/Tabanan, serta menciptakan rasa aman kepada personel di dalam melaksanakan tugasnya bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga diharapkan tetap sehat dan tidak terpapar virus.

Data yang dihimpun oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan, sebanyak 60 personel Kodim 1619/Tabanan yang melaksanakan rapid test antigen, seluruhnya negative. Itu artinya, dari 78 personel Makodim 1619/Tabanan telah 76,9 persen yang melaksanakan rapid test antigen dengan hasil 100 persen negatif.

“Sedangkan 18 orang atau sekitar 23,1 persen belum melaksanakan rapid test antigen karena sedang melaksanakan tugas luar dan dinas khusus dan akan melaksankan test rapid antigen pada kesempatan berikutnya,“ terang Dandim.

Ia juga berharap, dengan akan dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah-sekolah, maka pihak sekolah agar melaksanakan arahan dari Satgas Penanganan Covid-19 dan mengikuti aturan-aturan yang ada.

Dandim asal Demak Jawa Tengah ini juga berharap seluruh masyarakat turut mendukung upaya-upaya pemerintah tersebut dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, apabila terkonfirmasi Covid-19 segera mengikuti Isolasi terpusat yang telah disiapkan.

Melaksanakan vaksinasi bagi yang belum vaksin dan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan tetap mengawasi putra- putrinya saat berada di luar sekolah, sehingga kegiatan belajar mengajar secara tatap muka (PTM) dapat berlangsung aman dan tidak menimbulkan penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan”, tutupnya.

Kegiatan rapid test antigen dilaksanakan delapan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dibawah arahan dr. Desiana Kartifa Dewi, M. Kes.

Usai kegiatan Rapid Test Antigen, Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P., menyerahkan bantuan sembako berupa beras masing-masing 5 Kilogram kepada tenaga kesehatan sebagai wujud perhatian Kodim 1619/Tabanan kepada mereka yang telah bertugas melayani kesehatan masyarakat. (Dispenad)