Mulai Naik Daun, Siska Salman Tak Hanya Spesialis Soundtrack Film

by

Konsepnews.com – Dikenal sebagai penyanyi, namun kini Siska Salman mulai nyaman dengan profesinya sebagai pencipta lagu. Sejumlah lagu ciptaannya kerap dipakai sebagai original soundtrack (OST) untuk film-film Indonesia. Meski begitu, vokalis band Cannonball ini mengaku masih tetap berusaha untuk berkarya sebagai seorang penyanyi.

Belum lama ini, Siska Salman merilis sebuah single terbarunya berjudul “Still Be Here”. Lagu itu menjadi soundtrack untuk film “Magic Hour 2 The Series”, yang tayang di iflix. “Itu lagu baru, soundtrack untuk film ‘Magic Hour 2 The Series’. Ada sih rencana nanti mau rilis lagu lagi, tapi belum tahu kapannya, diusahakan tahun ini juga,” ujar Siska Salman, saat ditemui di bilangan Tangerang, baru-baru ini.

Siska mengatakan lagu barunya itu bertema cinta. “Jadi di lirik lagu itu digambarkan bahwa apapun yang terjadi, dia tetap bertahan dengan keadaan apapun. Berbagai cobaan, kendala, akan tetap dihadapinya, ia akan tetap jadi dirinya, tetap setia dengan orang yang dia sayangi. Dia nggak akan kemana-mana, tetap dengan orang yang dia sayangi,” jelas Siska.

Selain itu, menyoal profesinya belakangan ini sebagai pencipta lagu, Siska mengaku mulai nyaman menjalani kedua profesi tersebut. Siska mengaku bisa menjalankan keduanya sekaligus, sebagai penyanyi maupun pencipta lagu. Menariknya lagi, sang suami, Nico Feryandi adalah seorang penata musik atau arranger, yang handal dalam mengaransemen banyak genre lagu.

Siska Salman (Foto: Istimewa)

Saat ditanya, lebih suka berprofesi sebagai penyanyi saja, atau penata musik, Siska menyebut keduanya bisa ia lakoni bersamaan. “Dua-duanya sama enak, intinya kan berkarya. Sebagai musisi itu harus melahirkan karya, termasuk lagu yang yang dinyanyikan oleh orang lain,” ungkap Siska.

Siska pun menyebut dengan melahirkan karya-karya baru di musik, itu menandakan bahwa ia masih tetap eksis hingga kini. “Karya musik itu sebagai bentuk eksistensi, bahwa Siska yang dulunya ngeband, ternyata masih terus mengeluarkan karya, baik lewat lagu untuk soundtrack film, lagu untuk penyanyi lain, maupun menyanyikan lagu sendiri. Suatu kebanggaan tersendiri tentunya jika karya kita bisa dinyanyikan oleh orang lain,” tukas Siska.

Disinggung soal kesulitannya menjalankan profesi sebagai pencipta lagu, Siska mengatakan sulitnya adalah saat menyesuaikan suatu lagu dengan si penyanyi. Itulah yang kerap menjadi acuan dirinya dalam mencipta lagu untuk dibawakan oleh seseorang.

“Kesulitannya hampir nggak ada, cuma salah satu pr itu, aku kan bikin lagu by order ya, jadi harus lihat dulu yang menyanyikan lagu itu seperti apa karakternya. Karena lagu itu kan mengantarkan si penyanyi. Aku tipe yang kalau nggak cocok, nggak akan dipaksain lagu itu untuk orang tersebut, jadi harus sesuai dengan si penyanyinya. Lagu itu harus kilik ke dia, karena kan dia yang menyanyi, jadi nggak asal menjual lagu saja,” jelas Siska.

Siska Salman

Seusai vakum dengan bandnya Cannonball, Siska Salman sejauh ini telah menciptakan banyak lagu yang kerap dipakai oleh sejumlah penyanyi di Tanah Air, termasuk lagu untuk soundtrack film. Lagu ciptaannya yang dipakai untuk soundtrack film di antaranya OST film “Salawaku” lagu “Imaji Sunyi” yang meraih nominasi OST Film Terbaik FFI, dinyanyikan oleh Karina Salim. Lalu OST Fine Find Day di lagu “Te Amo Mi Amor” dan “Vamos De Fiesta lewat penyanyi Ajay (2017).

Kemudian, ada pula lagu “Rock With You” (OST Perfect Husband), OST film “Magic Hour The Series 1”, OST “Magic Hour” berjudul “You Are My Magic Hour (2017), lalu lagu “Still Be Here” (OST Magic Hour 2 The Series). Siska juga telah merilis sejumlah single pribadi, sebelum “Still Be Here” (2019) ada lagu “Ampuni Aku” (2016), Kerinduan (2017), Bismillah I Pray (2017), dan Terima Kasih Tuhan (2018).

Sementara itu, lagunya yang dipakai oleh sejumlah penyanyi di antaranya lagu “Dengarkan Aku” oleh Maria Calista, “Kekuatan Cinta” dinyanyikan Jojo & Ryan, “Kehabisan Kata” yang dipopulerkan Nowela, “Cinta Kita Beda” oleh Kevin Lim featuring Nowela, “Dibawa Happy Aja” dipopulerkan oleh Regina Idol, “Takdir Manusia” dipopulerkan oleh Raffi Ahmad & Nagita Slavina, lalu beberapa lagu ciptaan Siska juga dipakai oleh penyanyi Mario G Klau, Ryan Chandra, Febie Rahakbauw, dan masih banyak lagi. ic

No More Posts Available.

No more pages to load.