Tim Penjinak Bom Siap Amankan VVIP pada HUT RI ke-79 di IKN

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tim penjinak bom disiagakan untuk memastikan keamanan para Very Very Important Person (VVIP). Upacara tersebut akan berlangsung pada 17 Agustus 2024.

Komandan Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Andy Rifai, menyatakan pada Sabtu di Kota Balikpapan bahwa tim penjinak bom serta berbagai kendaraan taktis telah dipersiapkan untuk pengamanan VVIP pada acara kenegaraan di IKN. Kendaraan taktis yang akan dikerahkan meliputi water cannon, water gen, baraccuda, armoured personnel carrier (APC), truk TIK atau radio, ambulans, dan lainnya.

Kendaraan-kendaraan ini dilengkapi dengan pelapis baja dan pelindung peluru, dan seluruh unit telah disiapkan di halaman Gedung Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim. “Kendaraan itu akan dikirim ke IKN untuk mendukung keamanan selama perayaan hari jadi Indonesia,” tambahnya.

Pengamanan tidak hanya dilakukan di darat, tetapi juga di laut. Satuan Brimob Polda Kaltim akan mengerahkan kendaraan sea rider untuk pengamanan laut, bekerja sama dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kaltim serta Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

“Kendaraan taktis yang disiapkan itu sudah cukup untuk mendukung pengamanan VVIP IKN,” ujarnya. Selain itu, sejumlah peralatan tambahan juga disiapkan di Kota Samarinda untuk mendukung pengamanan lebih lanjut.

Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara dapat berlangsung dengan aman dan lancar. lk

No More Posts Available.

No more pages to load.