Mendagri Tito Karnavian Lantik Pj Gubernur Papua dan Papua Selatan

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara resmi melantik Ramses Limbong sebagai Penjabat (Pj.) Gubernur Papua dan Rudy Sufahriadi sebagai Pj. Gubernur Papua Selatan di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 76/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Ramses Limbong menggantikan Ridwan Rumasukun yang akan memasuki masa pensiun sebagai pejabat struktural Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Papua.

Sementara itu, Rudy Sufahriadi menggantikan Apolo Safanpo yang mengundurkan diri untuk mengikuti Pilkada 2024.

“Kemendagri tidak menghalangi hak politik untuk memilih, termasuk dipilih. Namun ada tata caranya, untuk ASN, TNI, dan Polri, sebelum tanggal penetapan pasangan calon resmi pada 22 September 2024, mereka sudah harus mengundurkan diri,” jelas Tito.

Tito juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengharuskan Pj. kepala daerah yang ingin maju dalam Pilkada Serentak 2024 untuk mengajukan pengunduran diri paling lambat 40 hari sebelum tanggal pendaftaran pasangan calon, yaitu 17 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Tito mengucapkan terima kasih atas sumbangsih dan dedikasi Apolo Safanpo dan Ridwan Rumasukun selama menjabat, serta memberikan ucapan selamat kepada Ramses Limbong dan Rudy Sufahriadi.

Mendagri yakin Ramses akan mampu melanjutkan transisi kepemimpinan di Provinsi Papua, mengingat pengalamannya di Papua.

Tito juga percaya bahwa Rudy akan lebih optimal memimpin Papua Selatan, dengan pengalaman panjangnya di kepolisian dan beberapa kali menjabat sebagai Kapolda.

Sebagai informasi, Ramses Limbong sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sementara itu, Rudy Sufahriadi adalah Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). yz

No More Posts Available.

No more pages to load.