Inilah 5 Fakta yang Harus Diketahui Warga Kota Tangerang Tentang DBD

by
Penyakit demam berdarah ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membuat penderitany a akan mengalami gejala nyeri hebat, terutama pada tulang dan persendian, yang terasa seolah-olah patah. dok. tangerang kota.go.id

KOTA TANGERANG, KONSEPNEWS – Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit disebabkan virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penderita demam berdarah atau DBD akan mengalami gejala nyeri hebat, terutama pada tulang dan persendian, yang terasa seolah-olah patah.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2023, di Indonesia terdapat sekitar 114.720 kasus DBD dengan 894 kematian.

Umumnya kasus tersebut disebabkan oleh komplikasi yang mengakibatkan kerusakan organ, seperti hati, jantung, dan paru-paru. Berikut beberapa fakta tentang DBD.

1. Hanya nyamuk Aedes aegypti betina yang dapat menularkan virus demam berdarah, dan penularan terjadi setelah nyamuk tersebut menggigit manusia yang telah terinfeksi.

2. Gejala demam berdarah muncul 4-10 hari setelah gigitan nyamuk, seperti demam hingga 40 derajat celcius, sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi, ruam merah pada kulit, mimisan, dan pendarahan ringan pada gusi.

3. Demam pada pasien demam berdarah sulit dibedakan, sehingga penting untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika demam tidak turun.

4. Demam berdarah memiliki tiga fase: fase demam, fase kritis, dan fase penyembuhan. Pada fase kritis, bisa terjadi gangguan tekanan darah dan tanda vital. Jika tanda vital baik, berarti masuk fase penyembuhan.

5. Jika tidak ditangani cepat, demam berdarah bisa menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan hati, jantung dan otak.

Basmi Nyamuk DBD dengan 3M Plus yakni :

1. Mengurus tempat penampungan air

2. Menutup tempat penampungan air

3. Mendaur ulang barang bekas

Plus

1. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

2. Menggunakan anti nyamuk

3. Memasang kawat kasa pada jendela dan vertilasi

4. Gotong royong membersihkan lingkungan

5. Periksa tempat-tempat penampungan air

6. Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup

7. Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras

8. Menanam tanaman pengusir nyamuk

9. Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancer. san/*

No More Posts Available.

No more pages to load.