Aktivis Iqbal Ramadhan Bebas, Soroti Kekerasan dalam Aksi Demonstrasi

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Iqbal Ramadhan, seorang aktivis muda yang juga putra dari artis Machica Mochtar, akhirnya dapat kembali menghirup udara bebas setelah ditahan akibat terlibat dalam aksi demonstrasi yang menolak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di DPR RI pada Kamis (22/8/2024).

Iqbal ditahan setelah ia mencoba membantu rekannya yang mengalami kekerasan dari aparat.

Setelah keluar dari Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya sekitar pukul 19.40 WIB, Jumat (23/8/2024), Iqbal tampak menutupi wajahnya saat menyapa awak media. Ia menceritakan kondisi fisiknya yang masih terluka akibat kekerasan yang dialaminya selama aksi.

“Halo, alhamdulillah keadaan membaik, cuma hidung masih patah dan kepala belakang masih sakit kena tendangan dan pukulan,” ungkap Iqbal saat ditemui di Polda Metro Jaya.

Iqbal mengungkapkan bahwa insiden yang menimpanya berawal saat ia melihat seorang rekannya diseret oleh aparat keamanan setelah gerbang DPR jatuh dan massa mulai masuk ke dalam area gedung.

Ingatannya kembali ke tahun 2019, saat seorang rekannya mengalami koma akibat kekerasan dalam aksi demonstrasi serupa, memotivasinya untuk turun tangan.

“Saya teringat di tahun 2019, saat saya masih menjadi Ketua BEM di Universitas Al Azhar, seorang kawan mengalami koma dan kepalanya pecah saat aksi reformasi anti-korupsi. Karena ketakutan akan kejadian serupa, saya masuk untuk memastikan apakah yang diseret itu teman saya, dan benar, itu memang teman saya,” cerita Iqbal.

Namun, tindakan Iqbal untuk mendampingi rekannya justru berujung pada penahanan dan kekerasan yang dialaminya. Meski begitu, Iqbal tetap teguh dan tidak menunjukkan rasa trauma atas peristiwa tersebut.

“Nggak sih, tentu tidak. Saya tidak merasa trauma. Justru ini memberikan saya pengalaman berharga. Saya jadi tahu bagaimana rasanya menjadi rakyat miskin yang tidak memiliki akses bantuan hukum. Ini memperkuat tekad saya untuk terus berjuang demi Indonesia yang lebih baik, dengan demokrasi yang lebih maju,” ujar Iqbal dengan penuh semangat. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.