Aster Kasad Pimpin Rapat Koordinasi Teknis TMMD ke 112

by

Konsepnews.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 112 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, bermakna kebersamaan semua instansi baik di tingkat pusat maupun di daerah untuk bahu-membahu dalam membantu percepatan pembangunan di daerah.

Demikian disampaikan Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Nurchahyanto, selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, dalam Rapat Koordinasi Teknis TMMD ke 112 melalui video conference di Ruang Rapat Puskodalad, Gedung E Mabesad, Jakarta. Kamis (26/8/2021).

Rakornis dihadiri para Perwira Tinggi dan Staf PJO TMMD, Tim Asistensi dari Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Polri.

Ada pula para Kasdam dan Aster Kotama, Kapendam dan Dandim, serta Bupati/Walikota, Ketua DPRD dan Kepala Bappeda.

Nurchahyanto mengungkapkan, bahwa program TMMD ke 112 meliputi pembangunan fisik dan program non fisik, yang akan dilaksanakan selama 30 hari, terhitung sejak 15 September sampai 14 Oktober 2021, secara serentak di 50 Kabupaten/Kota.

Kegiatan itu sekaligus menjadi sarana untuk membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki, serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Sementara itu,  Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes. dalam paparannya secara virtual, menyampaikan tentang “Intervensi Kesehatan Lingkungan Tahun 2021 dalam kegiatan TMMD ke 112”.

Kartini mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir, kerja sama Kemenkes RI dan TNI AD melalui TMMD telah berjalan dengan baik, diantaranya pada tahun 2020 merealisasikan akses jamban sehat dan sarana cuci tangan pakai sabun bagi 5.500 Kepala Keluarga, serta terserapnya 21.700 tenaga kerja masyarakat.

“Selanjutnya pada tahun 2021, melalui kegiatan TMMD ke 112 ini, kita berharap target dapat tercapai dengan baik, meliputi akses jamban untuk 1.330 Kepala Keluarga, 1.350 TKMD, akses TTG sanitasi lokus spesifik untuk 2.400 KK, dan 60 sarana air komunal, ” jelasnya.

Lomba Karya Tulis

Rakornis kemudian dirangkai dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke 111, yang dilaksanakan di masing-masing Kodam untuk kategori Satgas, Kapendam, Kapenrem dan Wartawan, sebagai berikut:

A. Kategori Satgas.

Juara I  : Kodim 1207/Pontianak

Juara II : Kodim 0212/Tapanuli Selatan

Juara III : Kodim 1202/Singkawang

B. Kategori Kapendam.

Juara I : Pendam V/Brawijaya

Juara II : Pendam XII/Tanjungpura

Juara III : Pendam I/Bukit Barisan

C. Kategori Kapenrem.

Juara I : Penrem 091/Aji Surya Natakusuma

Juara II : Penrem 121/Alambhana Wanawwai

Juara III : Penrem 081/Dhirotsaha Jaya

D. Kategori Wartawan Media Elektronik.

1. Juara I : Reza Fachrozie (TVRI Riau)

2. Juara II :Syamsul Alam Suriazdin (Kompas TV Banjarmasin)

3. Juara III :Parthomy Oktora (Kompas TV Sukabumi)

E. Kategori Wartawan Media Cetak danOnline.

Juara I : Zulfadhli (Riau Pos)

Juara II : Sucipto (Koran Sindo)

Juara III : Muh. Amri Makkaruba (Radar Sulbar) (Dispenad)