Tak Mulus dan Banyak Benturan, Begitulah Perjalanan Bella Saphira Menjadi Mualaf

by

Konsepnews.comSetiap mualaf punya tantangan dalam melewati proses hijrahnya sendiri. Perjalanan untuk menjadi seorang mualaf tidaklah mudah. Hal itu juga dialami oleh aktris cantik Bella Saphira.

Bella Saphira mengejutkan publik ketika menjadi mualaf di 2013. Tak lama kemudian ia dikabarkan menikah dengan Letnan Jenderal TNI Agus Surya Bakti beberapa hari usai berpindah keyakinan.

Foto: Bella Saphira bersama sang suami Letnan Jendral TNI Agus Surya Bakti, instagram @bellasaphiraofficial.

Pemilik nama lengkap Bella Saphira Veronica Simanjuntak itu menghadapi banyak tantangan ketika berpindah keyakinan. Perjalanannya untuk menjadi seorang muslim tidaklah mulus.

Diakui Bella, ia banyak mendapat benturan dari orang-orang di sekitarnya. Terlebih dari keluarga tercinta hingga komunitas gereja.

“Banyak benturan, terutama dari kedua orang tua saya, keluarga saya, tante, keluarga ibu keluarga bapak saya, beberapa teman, beberapa kenalan, komunitas gereja, orang-orang beragama Kristen, penggemar saya, apalagi saya kan mualaf ya,” ungkap Bella Saphira di kanal YouTube STARPRO Indonesia.

Tak mudah bagi Bella untuk berpindah keyakinan. Apalagi artis kelahiran Magelang, 6 Agustus 1973 itu tengah berada di puncak kariernya. Ia harus merelakan sinar keartisannya untuk menjadi mualaf.

Foto: Bella Saphira mengalami benturan di keluarga dan komunitasnya ketika dirinya memutuskan menjadi mualaf, instagram @bellasaphiraofficial.

“Enggak gampang buat saya meninggalkan pekerjaan saat itu, istilahnya lagi banyak duit, perempuan, bujangan, apa-apa mau ngapain enggak usah minta izin, kemana ayo saja,” ujarnya.

Ratu Sinetron era 90-an itu tetap teguh memeluk Islam meski ditentang oleh banyak pihak. Selain keyakinan dari dirinya sendiri, kecocokan dengan calon suami membuatnya semakin yakin untuk menjadi mualaf.

“Saya banyak melalui dan menelan. Kita telan aja gitu, dan setengah gelap sih waktu itu. Bukan gelap tapi saya punya keyakinan 50 persen, 50 persennya lagi ya saya yakin saja bahwa ini akan saya jalani,” kata Bella

Ketika jadi mualaf, prosesi mengucap kalimat syahadat membuat Bella jadi kejaran media saat itu. 

Bella Saphira resmi menjadi mualaf pada Jumat, 26 Juli 2013. Ia melakukan prosesi masuk Islam di ruang utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Bella didampingi bersama dua orang kerabat.

Pada hari itu banyak awak media yang sudah menanti Bella. Namun ia enggan membuka suara kepada mereka. Bella juga dikawal oleh 15 orang pria berbadan tegap saat keluar dari mobilnya untuk menghindar dari kejaran wartawan.

Pesinetron Dewi Fortuna dibimbing oleh Imam Masjid Istiqlal Ali Musthafa Yakub untuk mengucap dua kalimat syahadat. Bella dengan mantap menegaskan bahwa dirinya masuk Islam atas kemauan sendiri.

Bella Saphira kemudian mengucap dua kalimat syahadat. Sempat merasa gugup, ia akhirnya berhasil menuturkan kalimat syahadat sebagai syarat memeluk Islam.

Pada hari itu ia pun resmi menjadi mualaf. Bella Saphira menitikkan air mata ketika dirinya berhasil memeluk Islam.

Foto: Bella Saphira mengakui suaminya adalah kekuatan dalam menjalani hidup sebagai seorang mualaf, instagram @bellasaphiraofficial.

Diakui Bella Saphira, suaminya adalah kekuatan dalam menjalani hidup sebagai seorang mualaf. Saat ini tujuh tahun sudah ia dan Agus Surya Bakti membangun rumah tangga.

“Suami saya tipenya enggak banyak bercerita, tapi setelah saya mengenal beliau 9 tahun, sebenarnya beliau di rumah sangat terbuka, apa adanya. Dan ya bersyukur saya bisa jalani ini, karena enggak mudah, susah, enggak gampang,” kata Bella.

Tak lama menjadi mualaf, Bella kemudian dinikahi oleh Agus Surya Bakti pada 30 Agustus 2013. Resmi menjadi istri jenderal dan jadi mualaf, Bella Saphira hengkang dari dunia hiburan untuk menjalani kehidupan berkeluarga.

Wanita yang kini masih menantikan kehadiran momongan itu mengaku tidak mudah untuk meninggalkan kariernya. Namun semua itu ia lakukan dengan penuh keikhlasan.

“Enggak gampang buat saya ninggalin kerjaan saat itu, ya banyak duit, perempuan, mau ngapain enggak usah minta izin. Begitu banyak perubahan dalam hidup saya karena harus dijalani. Ini enggak akan jadi rumah tangga kalau enggak ada yang mau berubah, demikian juga suami saya,” ujarnya. mln