Beli Katun Bareng Mpok Nia, UNESCO Tetapkan Pantun jadi Warisan Budaya Dunia

by
UNESCO Tetapkan Pantun jadi Warisan Budaya Dunia
UNESCO Tetapkan Pantun jadi Warisan Budaya Dunia

Konsepnews.com, Paris – UNESCO menetapkan pantun sebagai warisan budaya dunia. Sebelumnya, pantun dinominasikan sebagai warisan budaya oleh Indonesia dan Malaysia. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Menurut laporan Kementerian Luar Negeri, Jumat (18/12/2020), pantun ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada sesi ke-15 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kantor Pusat UNESCO di Paris, Prancis, pada Kamis 17 Desember 2020.

UNESCO menilai Pantun memiliki arti penting bagi masyarakat Melayu bukan hanya sebagai alat komunikasi sosial, namun juga kaya akan nilai-nilai budaya dan agama yang mejadi panduan moral.

Pesan yang disampaikan melalui pantun umumnya menekankan keseimbangan dan harmoni hubungan antarmanusia.

Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Surya Rosa Putra menyampaikan bahwa sebagai nominasi Indonesia pertama yang diajukan bersama dengan negara lain, inskripsi Pantun memiliki arti penting bagi Indonesia dan Malaysia, yang merefleksikan kedekatan dua negara serumpun yang berbagi identitas, budaya, dan tradisi Melayu.

Pantun ini menjadi tradisi budaya Indonesia ke-11 yang diakui oleh UNESCO. Sebelumnya, Pencak Silat diinskripsi sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tanggal 12 Desember 2019. ana