Danlantamal III Jakarta Hadiri Acara Cocktail Party Asean-plus Cadet Sail 2024

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. didampingi Ketua Koordinator Cabang (Korcab) Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Neneng Harry Indarto menghadiri acara cocktail party ASEAN-Plus Cadet Sail (APCS) 2024 yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. didampingi Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali dan Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc. didampingi Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ketty Erwin S. Aldedharma bertempat di atas KRI Bima Suci sandar di dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (5/8/2024).

Kasal dalam sambutannya mengatakan, “KRI Bima Suci akan melaksanakan APCS 2024 dengan membawa para taruna dari berbagai negara khususnya dari negara ASEAN. Pelaksanaan pelayaran bertujuan untuk mempererat hubungan antar taruna dari berbagai negara sekaligus sebagai bentuk diplomasi Angkatan Laut dalam mempererat hubungan antara negara ASEAN dan negara-negara sahabat.”

“Kegiatan APCS 2024 adalah bagian dari pelayaran Satuan Tugas Kartika Jala Krida (Satgas KJK) 2024 yang berlayar menggunakan KRI Bima Suci dengan membawa 96 personel KRI Bima Suci, 189 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-71 yang dibagi menjadi empat gelombang, dan 33 kadet peserta APCS 2024 dari 18 negara termasuk Indonesia,” ujar Kasal.

Selanjutnya Kasal menegaskan “Diharapkan para Taruna AAL selama pelaksanaan APCS dapat menjalin hubungan yang erat, dan hubungan emosional dengan para kadet peserta APCS dari negara-negara lain, yang nantinya sampai ke depan akan mempengaruhi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan negara-negara sahabat para peserta APCS berasal”.

Latihan praktek (Lattek) KJK 2024 adalah pelayaran astronomi dan pelayaran lingkaran besar, di mana KRI Bima Suci akan berlayar selama 90 hari dengan rute Surabaya-Jakarta-Singapura-Kamboja-Vietnam-Cina-Korea Selatan-Rusia-Jepang-Filipina-Balikpapan-Surabaya dengan menempuh jarak 10.715 Nm. Lattek KJK bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sebagai bekal awal bagi Taruna AAL menjadi Perwira TNI Angkatan Laut sekaligus membentuk karakter prajurit matra laut. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.