Danrem 162 Wira Bhakti Tinjau Pos PPKM Mikro dan Bale Isolasi Terpadu Serta Serahkan Bansos

by

Konsepnews.com – Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han, selaku Danrem 162/ Wira Bhakti, mengapresiasi kinerja Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) beserta jajarannya dalam menangani Covid-19.

Danrem menilai KSB telah menunjukkan kinerja yang baik dan progresif, sehingga KSB masuk dalam tiga besar kabupaten terbaik di Nusa Tenggara Barat dalam penanganan virus Corona.

Apresiasinya disampaikan usai mengunjungi rumah isolasi terpadu di Kelurahan Telaga Bertong, Kamis (29/7).

“Saya melihat di KSB ini sudah melaksanakan langkah-langkah strategis yang begitu progresif, dari sinergitas organisasi perangkat daerahnya yang luar biasa, kemudian dukungan moril dan materiel dari kepala daeahnya sehingga KSB masuk dalam tiga besar yang terbaik,” kata Danrem 162/WB.

Danrem merinci yakni rumah sakit yang siap menangani pasien, ketersediaan oksigen cukup stabil, tidak adanya peningkatan lonjakan kasus yang signifikan dibanding daerah lain, serta penanganan yang cukup baik didukung oleh agen program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR) membuat KSB luarbiasa.

“Kami berkunjung ke Sumbawa Barat sesuai perintah panglima Kodam IX/Udayana. Kami melaksanakan pengecekan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Karena Sumbawa Barat saat ini masih dalam kondisi PPKM Mikro. Khusus untuk Mataram PPKM Darurat,” jelas Danrem.

Danrem mengecek kesiapan pelaksanaan PPKM Mikro mulai dari persiapan posko di masing-masing desa dan kelurahan termasuk ketersediaan lokasi bale isolasi terpadu di tiap desa dan kelurahan, serta bagaimana isolasi terpadu dan penanganannya berjalan dengan baik.

“Kami mengecek mulai bagaimana testing, tracking dan treatmennya. Kemudian pasien dirawat seperti apa, sampai dengan dukungan logistiknya,” kata Danrem.

Korem 162/WB juga memberikan bantuan sembako maupun buah-buahan, dan obat-obatan, dengan tujuan dapat membantu  percepatan  penyembuhan, pemulihan pasien Covid-19 yang ada di daerah-daerah. Begitu juga bantuan sembako dari Presiden RI berupa beras 10 kg kepada masing-masing yang terdampak Covid-19.

Sebelumnya, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH M.Han memaparkan sejumlah langkah strategis yang harus dilakukan dalam menangani Covid-19 di Resto Hanipati Kecamatan Taliwang.

Usai kegiatan tersebut Danrem mengunjungi dua rumah isolasi terpadu dan Pos PPKM Mikro di Kelurahan Telaga Bertong dan Kelurahan Arab Kenangan, serta memberikan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat, tenaga Kesehatan dan UMKM, serta memberikan bansos kepada petugas pos PPKM di Pelabuhan Penyeberangan Poto Tano.

Selain Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos, SH, M.Han, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat dr.Ir. H. W. Musyafirin MM, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Kaharudin Umar,  Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST.,M.IP, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono S.I.K.,MH, Kajari Sumbawa Barat Soeseno SH MH., Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah ST. M. Si, Wakil ketua II DPRD Kabupaten Sumbawa Merliza S.Sos, I, M.M, Kepala BNNK

Dandenkesyah Mataram Letkol Ckm dr. IGN Gede Kartika, Sp.An Dirut RSUD Asy Syifa dr. Carlof Sitompul, Kasdim 1628/Sumbawa Barat Mayor Inf Dahlan S.Sos, Kadis Kesehatan Pemda Sumbawa Barat H. Tuwuh, Camat Taliwang Aku Nurrahman S.pd, Sekdis Kesehatan Pemda Sumbawa Barat Hj. Erna Indrawati,SE, Tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Sumbawa Barat. (ts)