Digelar Virtual, Pandemi Tak Surutkan Semangat dan Kreativitas Peserta Porsimaptar XXI

by

Konsepnews.com, Jakarta – Akademi Kepolisian (Akpol) Indonesia tahun ini kembali menyelenggarakan Pekan Olahraga Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna (Porsimaptar). Seperti tahun lalu, Porsimaptar XXI: Revolution in Retrovolution kali ini juga digelar secara virtual lantaran masih dalam masa pandemi.

Porsimaptar XXI ini mengusung tema “Optimalisasi Potensi Seni, Akademik dan Olahraga di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Guna Mewujudkan Generasi Berprestasi”.

Humas Porsimaptar XXI Brigadir Satu Taruna Haidar Yaafi menyebutkan bahwa pendaftaran untuk kegiatan tahunan ini telah dibuka sejak tanggal 28 Agustus hingga 18 September 2021.

“Pada saat ini masih dalam masa promosi dan registrasi bagi peserta yg berminat mengikuti tiap lombanya, jadi kami masih terus menerima dan mendata peserta sebanyak-banyaknya,” ujar Brigadir Satu Taruna Haidar Yaafi dalam keterangan persnya, baru-baru ini.

Haidar Yaafi memaparkan bahwa dengan kondisi pandemi saat ini, sedikit banyak tentu mempengaruhi setiap aktivitas yang ada. Namun selaku penyelenggara Porsimaptar XXI, pihaknya akan tetap berusaha untuk dapat menyukseskan kegiatan tahunan tersebut.

Haidar Yaafi mengungkapkan, meski digelar secara daring dan dengan keterbatasan akibat pandemi, namun tanpa mengurangi semangat, hasrat, dan kreativitas dari para peserta dan juga penyelenggara event ini.

Sesuai dengan namanya, Porsimaptar, atau Pekan Olahraga Seni Mahasiswa Pelajar dan Taruna, menurut Haidar Yaafi, keterlibatan dari pihak lain sebagai peserta tentunya sangat diharapkan.

“Sesuai dengan namanya yakni Porsimaptar, maka akan diselenggarakan bersama Pelajar, Mahasiswa, serta Taruna atau Praja dari institusi lain,” terangnya.

Menariknya lagi, Yaafi menjelaskan bahwa gelaran tahun ini akan diikuti pula oleh pihak dari luar negeri.

“Selain itu, tahun ini kami juga akan mengadakan lomba skala internasional yang dapat diikuti oleh para pelajar dari Luar Negri dan Police Academy’s Cadet Across Asia, khusus untuk lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Internasional dan Lomba Public Speaking,” pungkas Brigadir Satu Haidar Yaafi.

Seperti diketahui, kegiatan tahunan Porsimaptar XXI ini terdiri dari sejumlah perlombaan. Di antaranya English Competition, Lomba Karya Tulis Ilmiah 2021 Tingkat Internasional, Lomba e-Sport Tingkat Nasional, Lomba Desain Poster Digital, Lomba Film Pendek, dan Lomba Seni Tingkat Nasional. yz