Dinas KPKP Gelar Festival Pangan Jakarta 2020

by

Konsepnews.com, Jakarta РDinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan Festival Pangan Jakarta pada 20 Oktober Р9 November 2020 dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia.

Plt Kadis KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini akan diisi dengan webinar Jakpreneur Corner yang mengusung berbagai tema.

Di antaranya, Foto Produk dengan Smartphone, Transformasi Digital UMKM, Pentingnya Pembukuan dan Strategi Mendapat KUR bagi UMKM, Izin Edar Tingkatkan Daya Saing UMKM, dan Packaging Memikat Penjualan Meningkat.

Selain itu ada juga talkshow bertemakan “Jangan Ada Sisa Makanan di Sekitar Kita dan Menu Kreatif Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)”.

“Sedangkan untuk memberikan pelatihan pada masyarakat tentang beragam menu kekinian akan dilakukan Workshop and Online Cooking dengan menu olahan ikan, bergizi murah dan enak, sayuran di secangkir gelas, dan camilan lezat pangan sehat,” ujar Eli, seperti dilansir situs Pemprov DKI, Minggu (25/10/2020).

Eli mengatakan, di penghujung kegiatan pada tanggal 9 November 2020 akan diselenggarakan Seminar dan Expo Online dengan tema Pengembangan Pasar Ekspor Untuk Pangan Berbasis Potensi Lokal. “Pada acara ini juga akan diselenggaran Expo Online yang pesertanya adalah Jakpreneur atau UMKM,” ungkapnya.

Eli menambahkan, melalui Festival Pangan Jakarta ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan usaha Jakpreneur, makin luasnya konsumsi pangan lokal, serta bersama-sama bisa menjadi pahlawan pangan untuk Jakarta.

Caranya dengan tidak menyia-nyiakan pangan atau tidak membuang makanan, tidak berlebihan dalam berbelanja, mengkonsumsi pangan lokal yang pasti lebih sehat dan segar, bertanam beragam tanaman di sekitar rumah kita, dan ikut menggerakkan urban farming dan lain-lain.

“Peringatan Hari Pangan Sedunia di tengah pandemi Covid-19 memiliki makna penting dan mengingatkan kita untuk dapat menghargai setiap pangan yang kita beli. Pangan yang kita miliki diperoleh melalui rangkaian proses yang panjang,” tukas Eli. yz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *