Erick Thohir Resmi Jabat Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027

by

Jakarta,Konsepnews.com – Erick Thohir resmi menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027. Menteri BUMN itu menggantikan posisi Mochamad Iriawan yang habis masa jabatannya.

Pengusaha, pengurus olahraga, dan filantropis Indonesia serta mantan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) itu meraih suara terbanyak dalam Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Pada pemilihan Ketua Umum PSSI itu, Erick memperoleh 64 suara. Sedangkan AA Lanyalla Mattalitti meraih 22 suara. Sedangkan Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak memperoleh satu suara pun. Sedangkan Fary Djemy Francis mengundurkan diri dari calon ketua umum.

Usai dinyatakan sebagai ketua umum terpilih, Erick kembali menyambangi para voter sembari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Terima kasih, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Bismillah ya,” ujarnya berulang kali kepada para voters.

Dalam sambutannya, Pria kelahiran Jakarta 30 Mei 1970 itu, menekankan bahwa Piala Dunia U-20 merupakan agenda yang sangat penting. Oleh karena itu, kata Erick, selain sukses di penyelenggaraan, Indonesia juga diharapkan tampil menggigit dalam kompetisi bergengsi itu.

“Tugas berat menanti dalam 94 hari, di mana kita menghadapi Piala Dunia U-20. Itu event terbesar kedua FIFA (setelah Piala Dunia) dan tidak mungkin Indonesia menyelenggarakannya 10 tahun sekali,” kata Erick.

“Artinya kita juga mempertaruhkan martabat bangsa,” ujar ayah 4 anak itu.

Diketahui, Timnas U-20 Indonesia kini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan Piala Asia U-20, 2023 di Jakarta, yang dijadwalkan berlangsung pada 1-28 Februari 2023.

Pada ajang yang digelar pada 1-18 Maret 2023 itu, Indonesia berada dalam Grup A bersama Irak, Suriah, dan Uzbekistan selaku tim tuan rumah.

Kejuaraan tersebut akan menjadi pemanasan bagi timnas menuju Piala Dunia U-20 2023 yang akan bergulir pada 20 Mei-11 Juni di Indonesia.

Sampai saat ini sudah ada 16 negara dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Negara peserta tersebut yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slovakia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat ditanyai beberapa wartawan mengenai pemilihan Ketua PSSI di Jakarta International Expo, Jakarta. Ia menegaskan kalau pemerintah tidak akan turut campur, sesuai statuta PSSI.

“Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita sehingga persepakbolaan kita menjadi hidup,” kata Jokowi.

Untuk step pertama, Jokowi berharap Indonesia bisa berprestasi di level Asean. 

“Kemudian step berikutnya di level Asia. Harapan pemerintah itu saja,” ujarnya.

Zan

No More Posts Available.

No more pages to load.