Film “Pesantren” Bakal Tayang di Bioskop 24 Mei

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Film dokumenter “Pesantren” yang disutradarai oleh Shalahuddin Siregar akan segera tayang di platform streaming Bioskop Online mulai tanggal 24 Mei 2023.

Film tersebut mengajak penonton untuk mengetahui kehidupan para santri di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Cirebon, salah satu pesantren tradisional yang dipimpin oleh Nyai Masriyah Amva, seorang perempuan tangguh.

Film “Pesantren” juga menunjukkan bahwa kehidupan di pesantren tidak kalah seru dan berwarna dibandingkan dengan kehidupan di sekolah biasa. Di pesantren tersebut, terdapat kegiatan seni musik, stand up comedy, dan diskusi antara guru serta murid yang kekinian.

Udin, sang sutradara, mengaku memiliki ketidaktahuan dan prasangka tentang pesantren sehingga membuatnya ingin menggarap film tersebut. “Dalam pembuatan film ini, saya ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan para santri, apa yang mereka pelajari di kelas, dan kehidupan seperti apa yang diimpikan oleh para santri setelah lulus,” ujarnya.

President of Digital Business Visinema Ajeng Parameswati menambahkan bahwa film “Pesantren” dapat membawa perspektif lain tentang kehidupan beragama dan ingin menayangkan film ini agar pesannya bisa sampai ke lebih banyak orang.

Sebelumnya, film “Pesantren” telah terpilih untuk tayang di International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019 dan sudah mengikuti beberapa festival film lainnya. Film tersebut juga sudah melakukan pemutaran internasional di The University of British Columbia pada Maret 2022.

Menjelang tayang di Bioskop Online, film “Pesantren” merilis poster resmi yang memperlihatkan santri wanita dan pria duduk terpisah sambil membaca Kitab Kuning, yang mencerminkan sisi kehidupan di pesantren. Dengan demikian, film “Pesantren” diharapkan dapat mengejutkan dan menginspirasi penonton mengenai kehidupan di pesantren. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.