Hasil Survey Ungkap Suporter Kurang Puas dengan Kepemimpinan Iwan Bule di PSSI

by

Jakarta, Konsepnews.com – Football Institute, baru-baru ini, menggelar survei soal sepakbola bertajuk “Persepsi Fans Sepakbola Nasional terhadap Kondisi Terkini Sepakbola Nasional”. Hasilnya, hampir 50 persen suporter tidak puas dengan kepemimpinan Mochamad Iriawan atau yang dikenal dengan nama Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI.

Founder Football Institute, Budi Setiawan menyebutkan 92,7 persen suporter mengenal sosok Iriawan sebagai Ketum PSSI. Hanya 7,3 persennya yang tidak mengenal pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Dikatakan Budi Setiawan, persepsi publik terhadap PSSI di bawah kepemimpinan Iwan Bule adalah 32,1 persen dan itu sudah menjawab biasa-biasa saja,” ujar Budi Setiawan di bilangan Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (31/10/22).

Suporter yang merasa puas dengan kepemimpinan Iwan Bule di PSSI adalah 24,7 persen. Bila dirinci, 23,5 persen merasa memuaskan, dan hanya 1,2 persen yang sangat memuaskan.

Sebesar 42 persen atau sekitar 45 persen itu menganggap ada peningkatan prestasi di bawah Iriawan dan Shin Tae-yong.

Menurut survei Football Institute yang bekerja sama dengan Persatuan Riset Pemasaran Indonesia (Perpi) itu, ada sebanyak 46,7 persen suporter yang menyatakan Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Iriawan mengalami peningkatan prestasi.

Kemudian, 25,9 persen suporter menilai prestasi Timnas jelek. Sedangkan 27,4 persen sisanya merasa biasa-biasa saja. Survei Football Institute ini berlangsung selama 15-21 Oktober 2022. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 2,83 persen dan confident interval 95 persen.

Dalam surveinya, Football Institute melibatkan sebanyak 1200 orang sebagai responden, yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, dan Malang.

Sementara itu, saat disinggung soal nama yang layak menjadi pengganti Ketum PSSI jika Iwan Bule mundur dari jabatannya,

“Beberapa nama yang beredar sebagai Caketum adalah Erick Thohir, lalu ada Hary Tanoesoedibjo yang sudah menjadi ketua Asosiasi Futsal selama kurun waktu lebih dari 7 tahun, dan juga Ahsanul Khosasih sebagai Presiden Klub Madura United,” ujarnya.

Menurut Budi Setiawan, ketiga nama itu punya profil yang bagus. Namun jika ada nama-nama lain dan lebih berkompeten, ya silakan saja,” pungkasnya. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.