IAIMNU Metro Lampung Jalin Kerjasama dengan Kampus US Interglobal University Somalia

by

Konsepnews.com, JakartaInstitut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung Indonesia memperkuat jejaring kerjasama Internasional dengan US Interglobal University Somalia.

Menurut Dr Mispani, M.Pd.I selaku Rektor IAIMNU Metro Lampung Indonesia dalam kata sambutannya mengatakan, kerjasama perguruan tinggi bertujuan meningkatkan efektivitas, efesiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Adapun bentuk kegiatan yang digelar oleh IAIMNU Metro Lampung ini adalah berupa penandatanganan kesepakatan kerjasama kedua belah pihak yang akan menghasilkan Kolaborasi dalam pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif dan Kolaborasi dalam Penelitian Ilmiah, yang akan diterbitkan di Jurnal Bahasa Arab dari kedua kampus.

Sementara kerjasama ini adalah untuk jangka panjang, terdiri dari Pertukaran Pelajar dan Dosen, begitu juga Beasiswa untuk S1, S2, bahkan S3.

Dalam penandatanganan kerjasama (Mou) yang dilakukan secara daring (Zoom), Dr Mispani selaku Rektor IAIMNU Metro Lampung Indonesia. Ikut pula mendampingi sebagai Saksi Dr Muhammad Yusuf, M.Pd.I selaku Wakil Rektor 3 bagian Kesiswaan & kerjasama, dan Dr Muhammad Syaifullah, M.Pd.I selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Mispani menyampaikan, Kampus IAIMNU Metro Lampung Indonesia merupakan PTNU Terbaik se-Sumatera Versi Webometrics dan Sinta, serta Kampus TerAkreditasi Baik Sekali, begitu juga semua Program Studi.

Selain itu, Kampus IAIMNU Metro Lampung Indonesia memiliki Padepokan Jurnal yang terdiri dari 13 Jurnal, yakni 1 Jurnal TerAkreditasi Sinta 1 (Scopus), 1 Jurnal TerAkreditasi Sinta 2, 3 Jurnal TerAkreditasi Sinta 3, dan 8 Jurnal lainnya sedang melakukan proses Akreditasi.

Menindaklanjut dari hasil penandatanganan MoU ini, lagi-lagi Kampus Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung Indonesia melakukan kegiatan ilmiah berkelas Internasional yaitu Webinar Internasional dengan mengusung tema “Contemporary Arabic Learning Innovation And Research Collaboration”.

Kata sambutan untuk membuka acara dilakukan oleh Dr Mispani selaku Rektor IAIMNU Metro Lampung Indonesia, dan Dr Muhammad Husain Abdullah Selaku Rektor US Interglobal University Somalia.

Sedangkan yang bertugas sebagai Pemateri Pembelajaran Bahasa Arab Dr Ahmad Muslimin, Lc. M.H.I Wakil Rektor 2 IAIMNU Metro Lampung Indonesia dan Dr Walid Sya’ban Asyaazhili dari US Interglobal University Somalia.

Bertugas sebagai Pemateri Penelitian Ilmiah Dr Muhammad Syaifullah Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIMNU Metro Lampung Indonesia, sekaligus Editor in Chief Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language Jurnal Bahasa Arab IAIMNU Metro Lampung Indonesia dan Dr. Abdurrohman Abdul Ghoffar dari US Interglobal University Somalia. Adapun yang bertugas sebagai Moderator Dian Risky Amalia, M.Pd.I.

Kegiatan Webinar Internasional ini dihadiri langsung oleh 30 Dosen IAIMNU Metro Lampung Indonesia dan 50 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.

Sedangkan peserta yang mengikuti secara Daring (Zoom) sebanyak 200 Peserta terdiri 184 dari Indonesia, 8 dari Arab Saudi, 3 dari Mesir, 1 dari Yaman, 1 dari Afrika, 1 dari Prancis, 1 dari Malaysia, dan 1 dari Kamerun. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.