Ini Format Baru Piala Dunia 2026 Di 3 Negara di Amerika

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Badan tertinggi sepakbola dunia FIFA akhirnya mengkonfirmasi format baru yang akan di gunakan mereka di ajang Piala Dunia 2026 yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Hal tersebut diumumkan FIFA usai mereka menggelar Rapat Dewan FIFA yang digelar di Kigali, Rwanda, Rabu (15/3/2023).

Komite FIFA sepakat menerima proposal perubahan format kompetisi Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 tim yang terlibat dengan 104 pertandingan dari 16 grup berisikan tiga pertandingan menjadi 12 grup berisikan empat tim,” tulis pernyataan FIFA.

Diterangkan lebih lanjut, ke 48 tim yang akan di bagi menjadi 12 grup yang akan bertanding memperebutkan tempat di babak 32 besar.

“Dua tim teratas di fase grup ditambah 8 tim peringkat ketiga terbaik akan lolos ke babak 32 besar,” terang pernyataan FIFA lebih lanjut.

Ilustrasi pertandingan di Piala Dunia
Ilustrasi pertandingan di ajang Piala Dunia Sepakbola (sumber : Istimewa)

Ditegaskan FIFA, format baru yang akan mereka gunakan di Piala Dunia 2026 ini sebagai upaya agar semua tim yang bertanding bisa memiliki waktu persiapan jelang laga selanjutnya.

“Format ini dilakukan untuk meminimalisir risiko dan memastikan semua tim minimal bermain tiga kali sekaligus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tim peserta,” tegas FIFA.

Sementara dengan format baru ini, Piala Dunia 2026 akan lebih lama digelar dari yang sebelumnya hanya menghabiskan waktu 29 hari menjadi 39 hari untuk bisa menuntaskan turnamen.

Bagi FIFA edisi Piala Dunia 2026 sendiri menjadi event pertama yang mereka selenggarakan di tiga negera yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Dimana sebelumnya, Piala Dunia sudah diadakan di dua negara seperti Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang. (fk)

No More Posts Available.

No more pages to load.