Jelang HUT Armada RI, Lantamal XII Gelar Aksi Donor Darah

by

Konsepnews.com, Pontianak – Menjelang peringatan HUT Armada RI pada 5 Desember 2020, Lantamal XII menggelar aksi peduli sesama dengan mendonorkan darahnya di Gedung Malayahati Lantamal XII, Jalan Kom Yos Sudarso Pontianak, Kamis (3/12/2020).

Aksi donor darah yang dilaksanakan oleh Lantamal XII bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Pontianak yang diikuti oleh prajurit dan PNS Lantamal XII, Jalasenastri Korcab XII, Kodam XII/Tpr, Lanud Supadio, Polda Kalbar, KPLP Pontianak, ASDP, Pelindo, KSOP, Bea Cukai, Dunia Usaha Kopitiam, dan berbagai unsur masyarakat dengan jumlah 143 orang.

“Dengan setetes darah yang didonorkan sangat besar artinya dan dapat menyelamatkan jiwa orang lain. Mari kita rutin untuk mendonorkan darah kita guna menolong jiwa sesama manusia,” kata Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, saat ditemui di sela-sela meninjau kegiatan donor darah.

Danlantamal XII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pendonor yang telah mendonorkan darahnya. Aksi ini merupakan wujud bakti amal para prajurit TNI AL di jajaran Lantamal XIi Pontianak.

Aksi donor darah masih dalam masa pandemi Covid 19 sehingga dilaksanakan tetap menerapkan protokol Covid-19 dengan memakai masker, dengan mengukur suhu tubuh setiap pendonor, menjaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer oleh panitia penyelenggara.

Sebelumnya, Lantamal XII telah melakukan anjangsana dengan mengunjungi para purnawirawan TNI Angkatan Laut dan Warakawuri, serta Ziarah di TMP Dharma Patria Jaya.

“Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2020 dilaksanakan secara sederhana dimana dalam masa Pendemi Covid-19. Untuk itu, saya berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kalimantan Barat, mari kita bersama-sama pada hari Armada RI tahun ini untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini agar Indonesia lebih maju, sebagaiamana tema “Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Komandan Lantamal XII Brigjen TNI Marinir Andi Rukman, Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H., M.M, dan Pejabat Utama Lantamal XII juga ikut mendonorkan darahnya agar dapat dimanfaatkan masyarakat. yz