Kapolri Ungkap Narkoba Jaringan Timur Tengah-Indonesia, Sita Sabu 1,129 Ton

by

Konsepnews.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berhasil mengungkap peredaran narkotika jenis sabu jaringan internasional dari Timur Tengah, Senin (14/6/2021).

Swbanyak 7 orang tersangka diamankan, dua di antaranya diketahui adalah warga negara Nigeria.

“Pengungkapan ini dilakukan oleh oleh anggota Polda Metro dan Polres Metro Jakarta Pusat berturut-turut dari akhir Mei sampai dengan Juni yang terus dikembangkan. Telah diamankan 5 WNI dan dua WNA asal Nigeria berinisial CSN dan UCN,” kata Sigit dalam jumpa pers di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Senin (14/6/2021).

Kapolri mengatakan, dalam pengungkapan tersebut pihaknya mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 1,129 ton yang didapatkan dari 4 lokasi tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda.

“Dari hasil pendalaman, barang-barang sabu seberat 1,129 ton ini berasal dari timur tengah dan Afrika. Berawal dari pengungkapan pertama di Gunung Sindur, lalu berlanjut di Ruko Pasar Modern Bekasi Town Square, Apartemen Basura Jakarta hingga Apartemen Green Pramuka,” ungkap Kapolri.

Kapolri juga menyebutkan, pengungkapan narkotika jenis sabu dalam jumlah besar tersebut merupakan prestasi bagi aparat kepolisian.

Mirisnya, melihat fakta yang terjadi bahwa Indonesia ternyata masih menjadi konsumen terbesar bagi barang haram tersebut.

Maka dari itulah, Kapolri menegaskan, pihaknya akan terus menuntaskan masalah narkoba ini sampai dengan selesai dan terus memegang teguh prinsip Indonesia zero narkoba.

“Kepada seluruh anggota terus untuk berperang dan menuntaskan penanganan masalah narkoba ini mulai dari hulu ke hilir. Perang terhadap narkoba akan terus dilakukan bersama dengan stakeholder terkait,” pungkas Kapolri. yz