Menkominfo Harap Provinsi Baru Papua Dorong Kesejahteraan Masyarakat Setempat

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan harapannya agar pembentukan provinsi baru di Papua dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan Menkominfo di Kantor Kemkominfo saat menerima rombongan Kunjungan Jurnalis Papua 2024 dengan tema “Jurnalisme Damai: Merawat Silaturahmi, Membangun Negeri.”

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Budi Arie menekankan pentingnya melibatkan warga setempat dan memanfaatkan kearifan lokal dalam pembangunan Papua.

“Banyak faktor yang menjadi tantangan dalam membangun Papua. Khususnya Kominfo juga begitu, kemarin atau dua minggu lalu kapal pembawa BTS 4G Kemkominfo juga hilang. Ini kan tantangan sendiri untuk membangun BTS di Papua,” ujar Menkominfo.

Sebelumnya, Papua hanya memiliki lima provinsi, yaitu Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan. Namun kini, dengan pembentukan empat provinsi baru, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya, diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan kesejahteraan di wilayah tersebut.

Menkominfo Budi Arie mengungkapkan bahwa hingga kini, dari 678 BTS yang direncanakan, baru sekitar 500-an yang telah selesai dibangun.

“Membangun Papua perlu pendekatan yang lebih khusus, termasuk membangun BTS karena yang dibangun ada yang dibakar,” katanya.

Menkominfo juga menyoroti peran media dalam memotivasi dan menginspirasi pembangunan di Papua.

“Kuncinya motivasi dan pengalaman, bagaimana membangun Indonesia emas tanpa satupun yang tertinggal. Karena kemajuan Indonesia ini kuncinya teman-teman daerah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Budi Arie berharap media dapat menyajikan contoh-contoh keberhasilan dari Papua yang dapat menginspirasi seluruh Indonesia. “Ambil angle keberhasilan Papua yang bisa menginspirasi Indonesia, bukan dari Indonesia untuk Papua,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Arie juga mengakui bahwa meskipun banyak kekurangan, Papua memiliki banyak contoh inspiratif yang bisa diangkat oleh para jurnalis.

“Kalau Papua Pantai bagus, Sorong, Manokwari. Papua Pantai jauh lebih komunikatif. Tetapi yang menjadi persoalan di Papua Pegunungan,” ujarnya.

Dengan semangat kolaborasi dan inspirasi, diharapkan Papua dapat menjadi contoh nyata keberhasilan pembangunan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, yang pada gilirannya dapat menginspirasi daerah-daerah lain di Indonesia. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.