Menparekraf Sebut Konten adalah Kunci Sukses Bisnis Ekonomi Kreatif

by

KEPRI, KONSEPNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, menegaskan pentingnya konten dan pengemasan dalam bisnis ekonomi kreatif. Menurutnya, konten adalah raja sementara pengemasan adalah ratu.

“Di dalam bisnis, konten is king dan packaging is queen. Kalau bersatu menjadi kingdom atau kerajaan bisnis,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam Workshop KaTa Kreatif di Tanjungpinang, Minggu.

Workshop yang diadakan Kemenparekraf ini mengajak ratusan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk mereka melalui pembuatan konten menarik.

Di era digitalisasi ini, Menparekraf Sandiaga mengingatkan pentingnya memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok untuk memperluas jangkauan penjualan.

“Bapak/ibu harus manfaatkan digitalisasi untuk memperluas jangkauan penjualan produk. Buatlah konten-konten menarik agar orang tertarik beli produk kita sehingga meningkatkan penjualan,” tutur Menparekraf.

Selain konten, pengemasan produk juga menjadi perhatian utama. Menparekraf Sandiaga menekankan pentingnya pengemasan yang unik dan menarik agar produk lebih diminati.

“Percuma kalau produknya bagus tapi tak didukung kemasan yang baik, makanya kemasan itu sangat penting dan mempengaruhi penjualan,” tambah Menparekraf.

Melalui Workshop KaTa Kreatif, Menparekraf Sandiaga berharap ekonomi kreatif dapat bangkit dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru. Tanjungpinang merupakan kota ke-13 yang dikunjungi Sandiaga untuk lokakarya ini.

Menparekraf menekankan bahwa UMKM dan ekonomi kreatif adalah tulang punggung perekonomian nasional, dengan kontribusi sebesar 65 persen dari PDB.

Produk ekonomi kreatif dari Tanjungpinang juga mendapat pujian dari Menparekraf Sandiaga, yang menyebut beberapa di antaranya sudah go global. Produk seperti tanjak (topi) khas Melayu diminati di Malaysia dan Singapura, sementara kue nastar telah dikirim ke Darwin, Australia. Kepri, dengan letak geografisnya yang strategis, memiliki peluang besar untuk mengekspor produk ekonomi kreatif.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Pj Wali Kota Tanjungpinang Andri Rizal juga berbelanja produk ekonomi kreatif yang dipamerkan di sekitar lokasi Workshop KaTa Kreatif di Restoran Sei Enam. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.