Pangdam Kasuari Pimpin Syukuran HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari

by

Konsepnews.com, Manokwari – Pangdam Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin acara Syukuran HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari, Sabtu (19/12/2020), di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Syukuran ini tentunya sekaligus sebagai wahana untuk lebih mempererat ikatan silahturahmi dan komunikasi baik dalam konteks internal keluarga besar TNI, TNI – Polri maupun antara anggota TNI dengan unsur pimpinan daerah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan dengan seluruh komponen masyarakat Bangsa lainnya di wilayah Provinsi Papua Barat.

Hal ini dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, dalam sambutannya saat acara syukuran yang diselenggarakan secara sederhana, dihadapkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang diselenggarakan senantiasa berpedoman dan mengikuti protokol kesehatan.

Acara syukuran ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari jadi Kodam XVIII/Kasuari yang Ke-4 tahun 2020.

Hal ini juga merupakan wujud rasa syukur warga Kodam XVIII/Kasuari dengan menghadirkan suasana kebatinan yang lebih bermakna dari peringatan hari ulang tahun itu sendiri.

“Apabila kita menengok usia Kodam XVIII/Kasuari hingga saat ini baru memasuki usia yang ke 4 tahun, tentunya masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi, baik menyangkut infrastruktur, sarana prasarana, personel, materil maupun dukungan lainnya, dengan demikian pada momentum yang baik ini kami mohon dukungan dan kerjasamanya demi kemajuan Kodam XVIII/Kasuari di masa saat ini dan masa yang akan datang,” ucapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, seiring perjalanan dan perkembangannya sesuai rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari dari tahun 2019 sampai dengan 2024, saat ini telah tergelar 2 satuan setingkat Korem yaitu Korem 181/Praja Vira Tama, yang berada di Kota Sorong yang akan membawahi 5 Kodim yaitu Kodim 1802/Sorong, Kodim 1805/Raja Ampat, Kodim 1807/Sorong Selatan, Kodim 1809/Maybrat dan Kodim 1810/Tambrauw.

“Sedangkan Korem 182/Jazira Onim berada di Kabupaten Fakfak yang akan membawahi 4 Kodim yaitu Kodim 1803/Fakfak, Kodim 1804/Kaimana, 1806/Teluk Bintuni dan Kodim 1808/Manokwari Selatan,” ujar Pangdam XVIII/Kasuari.

Berikutnya juga telah dilaksanakan alih kodal Kodim 1801/Manokwari dari Korem 181/Praja Vira Tama ke Kodam XVIII/Kasuari sebagai satuan Kodim yang berdiri sendiri (BS) yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam XVIII/Kasuari.

“Selanjutnya guna meningkatkan kemampuan dan daya tempur satuan, maka telah tergelar satu Bigade Infanteri yaitu Brigif 26/Gurana Piarawaimo yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni, dimana akan membawahi tiga Batalyon Infanteri yaitu Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti, Yonif 764/Iamba Baua dan Yonif 763/Sanitia Buerama Amor. Sedangkan fungsi pendidikan dan latihan yang berada di Rindam XVIII/Kasuari hingga saat ini masih terus dalam proses pembangunan dan pemenuhan baik sarana prasarana, personel maupun materil,” kata Pangdam XVIII/Kasuari.

Dalam acara syukuran HUT ke-4 Kodam XVIII/Kasuari diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XVIII/Kasuari didampingi Ketua persit KCK Daerah XVIII/Kasuari serta Kasdam XVIII/Kasuari yang juga didampingi Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari yang diberikan kepada prajurit yang berprestasi, Rio Ronaldo dan Sertu (K) Martha.

Acara syukuran juga diwarnai dengan penyerahan hadiah lomba kepada pemenang Lomba orintering, Pentas seni dan budaya (tari adat, busana adat), UMKM dan Kuliner.

Selain itu juga, pada acara tersebut dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada 6 org prajurit berpangkat Pamen yang telah memasuki masa purna tugas.

Hadir dalam acara syukuran tersebut antara lain Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Asisten 3 yang mewakili Gubernur Provinsi Papua Barat, Wakajati Papua Barat, Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Wakil Ketua DPRD Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, para pejabat Polda Papua Barat, Kafasharkan TNI AL Manokwari, para Kepala BUMN/BUMD Papua Barat, Rektor Unipa Manokwari, para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Ormas serta Kepemudaan, dan para Kepala Dinas Provinsi Papua Barat. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.