Pangkoarmada I Hadiri 3rd Multilateral Virtual Key Leader Engagement

by

Konsepnews.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K menghadiri 3rd Multilateral Virtual Key Leader Engagement (KLE) yang digelar secara virtual, pimpinan Commander U.S. Pacific Fleet Vice Admiral JC Aquilino, Kamis (18/2/21).

Pertemuan yang dilaksanakan secara daring tersebut dihadiri oleh 14 delegasi negara di Asia Pasifik termasuk Indonesia. Pada pertemuan tersebut dibahas berbagai permasalahan maritim seperti keamanan pelayaran, sumber daya alam, kejahatan lintas negara bahkan bencana alam yang saat ini menjadi isu terkini di kawasan Asia Pasifik.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa penting untuk meningkatkan kerjasama dan hubungan antara Angkatan Laut di kawasan Asia Pasifik untuk meminimalisir dan menanggulangi isu-isu tersebut.

“Saat ini seluruh dunia menghadapi permasalahan yang sama yaitu pandemi Covid-19, hal tersebut menyebabkan adanya pembatasan kegiatan-kegiatan interaksi antar negara termasuk kegiatan antara Angkatan Laut di kawasan Asia Pasifik sehingga pertemuan secara virtual ini merupakan langkah tepat untuk tetap menjalin hubungan baik, sesuai dengan arah kebijakan pemerintah Indonesia” lanjutnya.

“TNI Angkatan Laut melalui kebijakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono selalu berupaya untuk menjaga keamanan di Perairan Indonesia, beberapa diantaranya yaitu di Perairan Selat Malaka, Laut Natuna Utara dan perairan strategis lainnya agar tercipta stabilitas dan keamanan maritim di kawasan,” tegasnya.

“TNI Angkatan Laut berharap adanya peningkatan kerjasama dengan negara-negara kawasan melalui kerjasama pertukaran informasi maritim dan jika memungkinkan melaksanakan latihan-latihan singkat pada saat melintas atau berpapasan di perairan yang sama seperti passing exercise,” pungkas Pangkoarmada I. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.