Pembekalan Personel Satuan BKO Teritorial Gel. IV Tahap II di Kodam XVIII/Kasuari Ditutup

by

Konsepnews.com, Manokwari – Dengan berakhirnya kegiatan pembekalan personel Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Teritorial Gelombang IV Tahap II TA 2020, Ahad (20/12/2020), di aula kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Papua Barat, Anday, Manokwari, Papua Barat, diharapkan semua personel siap 100 persen untuk ditempatkan di berbagai wilayah tugas yang baru sebagai aparat kewilayahan.

Diharapkan juga, semuanya mampu berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama dengan seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat.

Hal ini dilaksanakan guna mewujudkan “keselarasan dalam membantu permasalahan di daerah, khususnya dalam proses penyiapan Koramil baru, pembinaan rekrutmen Prajurit putra daerah, dan mewujudkan stabilitas keamanan wilayah, serta melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi masyarakat dimana kalian bertugas,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Hal ini diungkapkan Pangdam dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danrindam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Choirul Anam pada acara penutupan Pembekalan Satuan BKO Gel. IV Tahap II TA 2020 di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Dihadapan 341 personel Satuan BKO Teritorial ini, Pangdam XVIII/Kasuari memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas dan menjalani kehidupan sehari-hari. Bertugas dalam satuan BKO Koramil persiapan adalah amanah dan kehormatan bagi Prajurit untuk selalu dapat membantu rakyat mengatasi kesulitannya.

“Oleh karenanya, laksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh ketulusan, keikhlasan, dan penuh rasa tanggung jawab, serra pelihara solidaritas, soliditas sesama Prajurit dan sinergitas, baik dengan aparat Pemerintahan maupun Kepolisian, sehingga hal ini dapat memberikan teladan kepada masyarakat dalam merajut kebersamaan serta persatuan dan kesatuan bangsa,” pesannya.

Juga dipesankan agar para Prajurit Satuan BKOTeritorial ini terus mengembangkan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik serta dapat menyatukan tekad untuk kemajuan masyarakat.

Selain itu, para Prajurit Satuan BKO Teritorial ini juga diperintahkan Pangdam untuk selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dalam melaksanakan setiap tugas di lapangan. Juga harus menjaga kesehatan diri dan morilnya, serta menguasai 5 Kemampuan Teritorial dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Jaga selalu keamanan selama kalian bertugas dan jaga nama baik satuan, khususnya Kodam XVIII/Kasuari,” ujar Mayjen I Nyoman Cantiasa dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aster Kasdam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, Kabaklat Rindam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Riki Simarmata, dan Pabandya Wanwil Sterdam XVIII/Kasuari Letkol Arh Dhama Noviang Jaya. yz