Peran Perempuan di Era Digital Dalam Momentum Sumpah Pemuda

by

Opini
Oleh: Rani Solikhah

Konsepnews.com – Seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peran perempuan juga ikut mewarnai zaman. Perempuan memiliki potensi besar dalam memajukan bangsa indonesia termasuk di era digital.

Jika dulu perempuan tidak banyak disoroti, namun pada era digital sekarang ini peran perempuan lebih eksis dan unggul.

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti sekarang perempuan justru membuat banyak inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi digital. Perempuan juga banyak berkontribusi di bidang ekonomi saat pandemi Covid-19, dimana stabilitas ekonomi masyarakat menurun.

Di era digital penggunaan media sosial dimasyarakat meningkat, sehingga banyak kegiatan dari sektor ekonomi memaksimalkan penggunaan digital untuk mendukung angka perekonomian.

Founder Institute Of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih, dalam webinar bertema Potensi dan Peran perempuan di Era Digital, Kamis (22/4/2021), mengatakan, potensi perempuan di era digital sangat besar.

Perempuan sudah tidak takut dengan perkembangan digital. Peranan perempuan indonesia dalam perkembangan transformasi luar biasa. Buktinya ada Founder Startup dari kalangan perempuan.

Peranan perempuan di era digital banyak dari mereka membangun usaha ekonomi mikro atau usaha kecil dan sudah tersebar di beberapa daerah di indonesia.

Tidak sedikit pula perempuan sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Owner dari usaha bisnis yang ia bangun dengan komunitas perempuan-perempuan lainnya.

Usaha mikro yang sering eksis di antaranya, membangun konveksi busana muslim dan muslimah yang sangat diminati. Atau menjadi desain busana dengan teknologi digital yang canggih dan pemanfaatan aplikasi guna mendesain gambar agar hasil lebih indah.

Selain itu banyak photografer perempuan menghasilkan gambar dan foto untuk iklan bisnis, promosi dan transaksi banyak juga didominasi oleh perempuan.

Kemajuan bangsa indonesia saat ini banyak perankan oleh perempuan, namun kita tetap tidak boleh lupa bahwa ini tidak lepas juga dari perjuangan Ibu Raden Ajeng Kartini dalam perjuangannya membangun emansipasi wanita pada zaman penjajahan dulu. Perjuangan beliau juga sebagai pondasi para perempuan untuk ikut andil dalam memajukan bangsa indonesia.

Teknologi yang serba digital tentu berdampak pada generasi muda bangsa. Setiap tanggal 28 Oktober, kita senantiasa memperingati hari sumpah pemuda.

Pemuda sebagai tonggak utama dalam kemajuan bangsa. Generasi muda miliki pengetahuan dan wawasan luas, semangat tinggi dan mampu memunculkan inovasi.
Dengan karakter pemuda inilah mampu mengiringi dan memotivasi masyarakat.

Meningkatkan angka kemajuan negara dalam bidang pengetahuan, seni, olahraga, agro bisnis dan lainnya. Karena seiring perkembangan modernisasi dan digitalisasi bangsa indonesia akan terus menghadapi tantangan.

Riani Solikhah

Penulis: Riani Solikhah
(Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah)