Perwira TNI AL Finisher Pertama Unsur TNI/Polri “Sembalun Seven Summits”

by

Konsepnews.com, Jakarta – Letkol Laut (T) Andry Kuswoyo perwira menengah TNI AL sebagai finisher pertama “Sembalun Seven Summit (S7S)” unsur TNI/Polri yang berhasil mendaki tujuh puncak bukit, termasuk Gunung Rinjani, dalam waktu lima hari, dari 31 Mei sampai 4 Juni 2021.

Andry yang saat ini sedang menempuh Pendidikan Pasca Sarjana ASRO VII di Sekolah Tinggi Angkatan Laut (STTAL) sudah mengeluti olahraga cross country sejak menjadi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-46 tahun 2000, dimana kemampuan dasar ini yang harus dimiliki seorang prajurit TNI.

“Sembalun Seven Summit (S7S)” merupakan wadah para pemuda dan pelaku wisata petualangan khususnya kegiatan pendakian gunung yang berdomisili di Sembalun dan “Sembalun Seven Summits” telah diresmikan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Zulkieflimansyah dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2020.

Ketujuh puncak gunung dan bukit di NTB yang harus dilalui dalam rute ini yakni Gunung Rinjani (3.726 Meter di atas permukaan laut (Mdpl)), Bukit Sempana (2.329 Mdpl), Bukit Lembah atau Gedong (2.200 Mdpl), Bukit Kondo (1.937 Mdpl), Bukit Anak Dara (1.923 Mdpl), Bukit Pergasingan (1.806 Mdpl) dan Bukit Baon Ritif (1.500 Mdpl).

Ide dan gagasan Sembalun Seven Summits terinspirasi dari konsep tujuh puncak gunung tertinggi di dunia (Word Seven Summits) dan diaplikasikan di NTB khususnya wilayah Gunung Rinjani dengan tujuan memperkenalkan pariwisata dan keindahan alam pegunungan Indonesia.

Sejak adanya gagasan Sembalun Seven Summit, paket wisata ini berhasil menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke kawasan Sembalun, kaki Gunung Rinjani.

Selain menikmati keindahan panorama pegunungan dan pendakian yang menantang adrenalin, kebanyakan para peserta berburu “sertifikat finisher” sebagai bukti keberhasilan yang diberikan pengelola Seven Summit bagi para pendaki yang berhasil menaklukkan tujuh puncak bukit di kawasan kaki Gunung Rinjani.

Keberhasilan Letkol Andry menaklukkan “Sembalun Seven Summits“ termasuk puncak Rinjani tidak lepas dari semangat dan kerja keras sebelum mengikuti even ini dan ingin menunjukan bahwa kemampuan prajurit TNI AL juga bisa menaklukan gunung tidak hanya mengarungi lautan saja.

“Saya setiap Sabtu-Minggu melaksanakan trailrun di sekitar pegunungan Arjuno, Welirang, Penanggungan dan Panderman serta menyiapkannya 3 bulan sebelum pelaksanaan ini,” tukasnya, belum lama ini. yz