Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

by

Konsepnews.com, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra Jaya mulai Senin (15/11/2021) hingga Senin (28/11/2021), atau 14 hari mendatang. Operasi ini nantinys akan dilakukan oleh personel gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, sasaran utama Operasi Zebra Jaya ini adalah penegakan protokol kesehatan dan pembubaran kerumunan di masa pandemi Covid-19.

“Selain itu juga hal-hal yang khususnya menjadi atensi, seperti sirine dan rotator yang tidak pada tempatnya,” terang Sambodo kepada awak media, Jumat (12/11/2021).

Sambodo pun juga menegaskan, dalam operasi ini pihaknya akan menindak seluruh kendaraan pelat hitam yang menggunakan sirine dan rotator, lantaran keduanya hanya boleh digunakan untuk kendaraan pelat merah, biru dan kuning.

“Kemudian penggunaan tanda nomor kendaraan yang tidak sesuai seperti pelat nomor rahasia RFP dan lain sebagainya. Serta, penindakan ganjil genap, karena masuk ke pembatasan mobilitas,” tuturnya.

Nantinya, penindakan Operasi Zebra Jaya ini bakal dilakukan secara humanis dan persuasif. Selain itu, polisi juga meniadakan razia dalam operasi ini untuk meminimalisir timbulnya kerumunan.

“Kami menggantinya dengan penegakan hukum secara mobile dengan menggunakan unit-unit patroli. Namun penindakan tetap dilakukan jika pengendara terbukti melanggar hukum,” tukas Sambodo. yz