Polda Metro Jaya Amankan 21 Kendaraan Supermoto yang Masuk Jalan Tol

by

Konsepnews.com, Jakarta – Puluhan anggota klub Supermoto menghadiri panggilan penyidik Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya karena melanggar aturan lalu lintas dengan masuk ke jalan tol Kelapa Gading – Pulo Gebang dan sempat viral di media sosial.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam mengatakan, rombongan dari klub Supermoto tersebut mengakui kesalahannya telah melakukan pelanggaran.

“Pada hari ini Minggu, telah datang dan hadir secara kesadaran dan atas keinginan itikad baik beberapa dari rombongan hadir 28 orang, mereka diduga mengendarai sepeda motor yang langgar rambu larangan sepeda motor masuk ke jalan tol ,” kata Jamal kepada Wartawan di Jakarta, Minggu (6/3/2022).

Kasus itu, kata Jamal, sempat viral di media sosial pada Senin (28/2), yang di posting dalam media sosial Instagram dengan akun wargajakarta.id .

“Kejadian Sabtu (26/2) pukul 02.29 WIB, rombongan masuk dari jalan penghubung tol pertigaan pasar cakung Jakarta Timur dan keluar di ophreme Kelapa Gading Jakarta Utara,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, penyidik dari Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan tindakan berupa tilang dan mengamankan 21 kendaraan Supermoto.

“Kami tindak tilang dan amankan 21 kendaraan supermoto, hal ini tentunya bertentangan dan langgar UU 29 tahun 2009 tentang LAJ pasal 287 ayat 1 ,”kata Jamal.

Jamal menyebut para pengendara, dinyatakan melanggar aturan perintah atau larangan rambu lalulintas atau marka jalan dengan pidana maksimal 2 bulan dan denda 500 ribu rupiah.

“Ini juga bertentangan dengan PP no 15 tahun 2015 tentang jalan tol yang hanya diperuntukan untuk roda empat atau lebih,” paparnya.

“Hari ini pemeriksaan klarifikasi termasuk pembinaan edukatif dan 28 orang ini nyatakan secara sadar dan akui bahwa yang bersangkutan ikut hadir dalam rombongan salah satu klub motor di jalan tol Kelapa Gading – Pulo gebang,” kata Jamal.

Kasubdit Gakkum menambahkan, sejak viral nya video yang memperlihatkan rombongan pengendara Supermoto di jalan tol, pihaknya membentuk tim satgas khusus untuk menelusuri dan mengecek lokasi jalan tol yang dilalui.

“Kami panggil beberapa saksi dan untuk penguatan keterangan dan bukti serta telusuri rekam jejak CCTV tol kami panggil salah satu penanggung jawab klub otomotif Supermoto tersebut,” ujar Jamal.

“Dan hari ini telah hadir memenuhi panggilan dengan sadar dan sukarela di Subdit Gakkum Polda Metro Jaya untuk berikan keterangan dan klarifikasi,” pungkasnya.

Erzan

No More Posts Available.

No more pages to load.