Polda Metro Jaya Imbau Warga Jakarta Takbiran di Tempat Ibadah

by

 

JAKARTA, KONSEPNEWS – Polda Metro Jaya mengimbau kepada warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk merayakan takbiran Idul Fitri 1444 H/2023 di tempat ibadah, hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (20/4/2023).

“Polda Metro Jaya mengimbau banyak langkah-langkah yang bisa dilakukan secara baik dalam tradisi-tradisi (takbiran) seperti di tempat-tempat ibadah melakukan takbir,” kata Trunoyudo.

“Itukan menjadi suatu hal yang memang tradisi baik (takbiran) di tempat ibadah,” sambungnya.

Kabid Humas menjelaskan, imbauan tersebut sebagaimana catatan dan evaluasi dari pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam merayakan malam takbiran.

“Terkait dengan arak-arakan, keliling konvoi, ada beberapa catatan evaluasi ketertiban maupun bahkan menjadi gangguan keselamatan, ini bisa membahayakan bagi dirinya maupun bagi orang lain dan juga terkait dengan ketertiban (masyarakat),” ucap Trunoyudo.

“Maka sekali lagi kami mengimbau ini tidak lagi dilakukan, apabila pertanyaannya ini dilakukan, tentunya kehadiran Polri dengan adanya pos PAM, pos pelayanan, pos pemantauan kemudian sampai dengan program Ada Polisi yaitu Polisi RW dan juga ada Bhabinkamtibmas serta tentunya bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dan juga dari Kodam Jaya, kita sama-sama menjaga ,” bebernya.

Tak hanya mengimbau, Trunoyudo juga berharap kepada masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban umum dalam merayakan malam takbiran.

“Saya mengimbau sekaligus meminta dan berharap kepada masyarakat berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban dirinya dan lingkungan maupun lingkungan terkecilnya yaitu keluarga untuk sama-sama menjaga,” imbuhnya. 

“Besoknya lebaran tentunya bersilaturahim, hari Raya Idul Fitri itu bisa dilaksanakan terselenggara dengan baik dan sekaligus Polda Metro Jaya akan mengamankan kegiatan sholat Ied,” kata Trunoyudo.

“(Mari) kita sama-sama menghargai, jadikan Jakarta rumah bersama dan aktivitas apapun terutama bagian dari ibadah akan dilakukan pengamanan oleh Polda Metro Jaya ,” jelasnya.

Trunoyudo menambahkan, jika ditemukan pelanggaran yang menyebabkan gangguan Kamtibmas, Polda Metro Jaya akan melakukan tindakan preventif (pencegahan) dan preemtif (himbauan) kepada masyarakat.

“Apabila ada (pelanggaran), tetap akan kami lakukan langkah-langkah baik itu preemtif maupun preventif dan juga dilakukan langkah-langkah secara represif yang bersifat preventif ,” pungkasnya. Zan

No More Posts Available.

No more pages to load.