Polda Metro Jaya Menjamin Keamanan Saat Jalannya Aksi Demo di Gedung DPR

by

Konsepnews.com, Jakarta– Polda Metro Jaya menjamin keamanan dan kegiatan masyarakat takkan tergganggu saat jalanya aksi demonstrasi di depan gedung DPR MPR pada Jumat dan Sabtu (20/5) dan (21/5).

“Saya menghimbau kepada masyarakat tetap beraktivitas biasa. Polda Metro Jaya akan menjamin keamanan semua masyarakat, termasuk giat perekonomian agar tidak terganggu. Semuanya lakukan aktivitas seperti biasa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/5/2022).

Sebelumnya, kata Zulpan, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari beberapa elemen yang akan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Polda Metro Jaya sudah mendapat pemberitahuan dari elemen yang menyampaiakn pendapat di muka umum. Untuk kegiatan hari ini juga ada termasuk DPR/MPR, termasuk besok,” ujarnya.

Zulpan menyebut Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan terkait kegiatan aksi unjuk rasa dan sudah menerima jumlah peserta serta tuntutannya.

“Tentunya Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan terhadap elemen yang akan menyampaikan pendapat di muka umum terkait dengan apa yang mereka sampaikan kepada kita, jumlah peserta dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, aksi unjuk rasa di muka umum telah di atur oleh undang-undang nomor 9 Tahun 1998, namun Zulpan mengimbau kepada peserta untuk menjaga ketertiban umum dan ruang publik.

“Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana di atur (UU) nomor 9 tahun 1998, tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain,” katanya.

“Kemudian juga tidak tersusupi oleh orang-orang lain yang nanti merusak daripada acara penyampaiaan pendapat ini,” imbuhnya.

Dalam hal ini, lanjut Zulpan Polda Metro Jaya akan mengawal kegiatan tersebut dengan humanis, profesional dan proporsional.

“Polisi akan mengawal, khususnya Polda Metro Jaya akan mengamankan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan protap yang kita miliki dan juga secara humanis tentunya,” ujarnya.

Kabid Humas menambahkan, diperkirakan kegiatan aksi demonstrasi di hadiri sekitar 500 peserta dari berbagai elemen.

Namun Zulpan enggan menyebutkan berapa personel yang di turunkan dalam aksi pengaman unjuk rasa di depan gedung DPR MPR.

“Ya kalau untuk massa kurang lebih sekitar 500 orang. (Personel) Nanti akan kami sampaikan. Melihat eskalasi yang ada di lapangan. Pengamanan tentunya lebih dari jumlah massa yang hadir,” pungkasnya.

Erzan

No More Posts Available.

No more pages to load.