Prabowo Dipastikan akan Melanjutkan Proyek IKN, di Tengah Keraguan Publik

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dipastikan akan melanjutkan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan oleh Tenaga ahli utama Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin.

Ngabalin menekankan bahwa Prabowo adalah sosok yang taat terhadap undang-undang dan berkomitmen melanjutkan agenda besar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ngabalin menjelaskan bahwa Prabowo selalu menekankan pentingnya melanjutkan agenda-agenda besar yang sudah dimulai oleh Jokowi.

“Pasti Presiden Prabowo taat dengan undang-undang dan kita tahu kan tagline yang beliau kemukakan terus itu adalah melanjutkan sebuah agenda-agenda besar yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi,” ungkap Ngabalin dalam keterangannya.

Namun, di tengah keraguan sejumlah pengamat dan masyarakat mengenai kelanjutan proyek IKN, Ngabalin menilai pentingnya edukasi politik yang baik dari para pejabat publik. Ia menyatakan bahwa edukasi ini diperlukan untuk menghilangkan keraguan di tengah masyarakat.

“Ruang publik sekarang itu harus kita punya tanggung jawab sebagai pengamat, bagi kami-kami yang ada di sini (Istana), di sekitar istana ini dan di kepresidenan ini harus kerjanya adalah mengedukasi publik,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, turut menegaskan urgensi bagi presiden terpilih Prabowo untuk melanjutkan proyek IKN.

Budi Arie menyoroti bahwa proyek ini penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya berpusat di Jawa, tetapi juga di seluruh Indonesia. “Pertumbuhan ekonomi tidak Jawa-sentris tetapi juga Indonesia-sentris,” kata Budi.

Ia juga mengingatkan bahwa pembangunan IKN memerlukan waktu yang panjang dan tidak cukup hanya dalam waktu 10 tahun.

“Pemerintahan Pak Jokowi kan sudah mencanangkan, didukung semua komponen partai kan waktu itu di DPR,” jelasnya.

Pembangunan IKN telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN).

Meskipun demikian, masih ada pihak yang meragukan komitmen Prabowo dalam melanjutkan proyek ini, terutama karena adanya program prioritas lain seperti penyediaan makan bergizi gratis yang juga memerlukan anggaran negara yang besar.

Dengan komitmen yang jelas dari presiden terpilih dan dukungan dari para pejabat tinggi, diharapkan proyek IKN dapat terus berjalan dan membawa manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.