Prosesi Gotong Toapekong YMN Kwan Im Hud Chouw di Kota Tangerang Diserbu Ribuan Warga

by
Ribuan warga memadati jalanan Kota Tangerang dalam rangka merayakan prosesi Gotong Toapekong di Kota Tangerang berlangsung meriah

KOTA TANGERANG, KONSEPNEWS – Ribuan warga memadati jalanan Kota Tangerang dalam rangka merayakan prosesi Gotong Toapekong yang digelar tiap 12 tahun, acara yang berlangsung meriah ini diadakan untuk menghormati Dewi Kwan Im dan sebagai bentuk ungkapan syukur masyarakat atas segala berkat yang telah diterima.

Kegiatan ini semakin semarak dengan kehadiran sejumlah tokoh lokal maupun nasional diantaranya terlihat Ny Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, isteri Presiden ke 4 RI, wakil menteri agama dan lainnya.

Prosesi acara ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan menampilkan arak-arakan patung Toapekong yang megah, lengkap dengan dekorasi warna-warni dan pertunjukan seni budaya lokal. Suasana penuh keceriaan dan kekeluargaan terasa di sepanjang rute prosesi, di mana warga dari berbagai latar belakang turut berpartisipasi.

 Kemeriahan acara ini bukan hanya sekadar ritual keagamaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga dengan harapan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan akan semakin menguat.

Anton warga Sukarasa, salah seorang pengunjung mengungkapkan bahwa perayaan pada saat ini berlangsung lebih meriah karena selain menyajikan beragam tradisi juga banyak dihadiri pengunjung dari luar kota. “Wah pastinya perayaan saat ini lebih meriah, warga terlihat sangat antusias ingin mneyaksikan keseruan acara ini”, kata Anton.

Berbeda lagi dengan Arif, warga Gerendeng mengaku penasaran, dulu ketika msih kecil dia dibawa ayahnya untuk melihat prosesi adat ini, “Pastinya saya penasaran ingin kembali melihat kemeriahan prosesi gotong Toapekong ini, sambil mengajak papa”, ujarnya.

Rupanya prosesi ini tidak hanya menarik perhatian masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan dari luar kota yang ingin merasakan atmosfer kebudayaan yang kental.

Dengan berlangsungnya prosesi Gotong Toapekong YMN Kwan Im Hud Chouw, warga masyarakat Kota Tangerang berharap tradisi budaya ini terus dilestarikan yang sudah ada selama bertahun-tahun serta menjadikannya sebagai daya tarik wisata budaya yang semakin dikenal luas. san/*

No More Posts Available.

No more pages to load.