PT KAI Luncurkan Kereta Api Rute Jakarta – Banjar PP

by
Ilustrasi kereta api

Jakarta – Moda transportasi kereta api belakangan memang tengah jadi favorit bagi masyarakat lantaran kondisi kereta api saat ini telah berbeda jauh dengan kondisi kereta dahulu. Dimana kini, para penumpang kereta dapat menikmati berbagai fasilitas prima dari mulai adanya penyejuk udara disetiap rangkaian kereta baik di kelas eksekutif hingga kelas ekonomi.

Tak hanya itu, ketepatan jadwal kereta dan kondisi stasiun kereta yang kini tertata rapi membuat kereta api kini menjadi transportasi favorit bagi sebagain masyarakat yang gemar berpergian. Dan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanannya, PT KAI kembali menambah rute perjalanan kereta api untuk rute Jakarta – Bandung – Banjar (Pulang Pergi) dengan nama KA Pangandaran.

Dalam rangkaiannya, KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk, dimana Stasiun Gambir – Stasiun Bandung dan Stasiun Banjar sebagai tempat pemberhentian utama KA Pangandaran. Sedangkan di Stasiun Cibatu, Cipeundeuy, dan Tasikmalaya KA Pangandaran juga akan berhenti sebentar.

“Pengoperasian KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” ungkap Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro sesuai siaran pers yang diterima tim KONSEPNews, Rabu (2/1/19).

Untuk harga tiketnya sendiri, KA Pangandaran saat ini tengah memasuki masa promo dimana untuk keberangkatan 2 Januari hingga 1 Februari 2019, PT KAI sendiri memberikan harga promo bagi para penumpang yang ingin merasakan sensasi menaiki KA Pangandaran ini.

“Untuk masa promo, Tiket KA Pangandaran sendiri akan dijual sebesar Rp 160.000 untuk Kelas Eksekutif dan Rp 110.000 untuk Kelas Ekonomi Premium untuk rute Stasiun Gambir menuju Stasiun Banjar. Harga tersebut berlaku sama untuk perjalanan pulang atau pergi setiap harinya untuk satu kali keberangkatan dari Satasiun awal (Gambir / Banjar). Pembelian tidak dapat dilakukan di mesin otomatis pembelian tiket (ticket vending machine), tiket dikenakan bea pesan dari KAI Access, Website KAI, dan saluran luar sesuai kebijakan biaya saluran tersebut. Tiket tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis jika tiket dibeli melalui loket KAI,” tandasnya.

Sedangkan luar masa promo-nya, tiket KA Pangandaran ini akan dijual dengan harga Rp. 150.000 untuk tarif batas bawah, Rp 520.000 untuk tarif batas atas di Kelas Eksekutif. Sedangkan Kelas Ekonomi Premium tarif batas bawah dikenakan Rp 100.000 dan Rp 330.000 untuk tarif batas atas.

Pihak PT KAI sendiri telah mengunggah jadwal keberangakatan KA Pangandaran itu dimana waktu tempuh Jakarta – Banjar akan di tempuh dalam kurang lebih 8 jam 15 menit, dimana dari Stasiun Gambir, KA Pangandaran akan berangkat pada pukul 07.50 WIB dan akan tiba di Stasiun Banjar pukul 15.56 WIB. Sedangkan dari Stasiun Banjar, KA Pangandaran akan memulai perjalanannya pada pukul 13.55 WIB dan akan tiba di Stasiun Gambir, Jakarta pada pukul 22.35 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *