Sambut Ramadan, Uchie Gopol Rilis Single Religi “Berserah Diri”

by

Konsepnews.com – Menyambut Ramadan tahun ini, penyanyi Uchie Gopol mempersembahkan sebuah single religi yang berjudul “Berserah Diri”. Lagu ini menjadi single perdananya untuk genre pop religi.

“Iya ini lagu religi pertama aku. Launching lagu religi ini sih udah. Tapi rilisnya di Youtube itu tanggal 13 April. Kebetulan tanggal 13 itu kan puasa pertama ya. Jadi ini program aku di awal bulan puasa merilis lagu religi di Youtube untuk pertama kalinya,” ujar Uchie Gopol, saat ditemui di perayaan ulang tahun anak ketiganya, di bilangan Bekasi, baru-baru ini.

Pedangdut yang telah menelurkan enam single ini mengatakan single ini sengaja mengangkat tema pandemi. Ada cerita tentang pandemi di dalamnya. Cerita tentang seorang karyawan, yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan. Namun karena pandemi ada perampingan dan ia kena PHK.

“Karena nggak bisa bayar kontrakan, akhirnya dia tinggal di bawah kolong jembatan sampai dia jadi pemulung, dan karena eranya pandemi Covid-19 dia memakai masker bekas yang dibuang orang, jadi yang dipakainya itu sampah bekas pengidap Covid-19. Dia pakai masker itu, akhirnya dia sakit lalu meninggal dunia,” cerita Uchie Gopol.

Berkaitan dengan lagu ini, Uchie Gopol mengungkapkan bahwa pesan di lagu ini untuk semua orang agar di era pandemi ini lebih bisa ikhlas dan berserah diri.

“Pesan di lagu ini, jadi buat kita senua yang sedang menjalani masa krisis karena pandemi kita harus lebih ikhlas dan berserah diri. Jadi tawakal aja. Banyak orang di luar sana yang mungkin punya duit tapi dia nggak sehat. Nah untuk kita yang di rumah walaupun kita nggak bekerja maksimal tapi kita masih sehat. Jadi bisa sehat saja sudah alhamdulillah buat saya,” tutur Uchie.

Uchie mengaku sengaja mengangkat tema ini lantaran ada kaitan dengan dirinya. “Aku terpikir untuk mengangkat tema ini karena aku ada bisnis kecil-kecilan ya. Waktu awal pandemi itu kan ada perdebatan gimana sih apakah aku harus merampingkan pegawai atau nggak. Akhirnya aku ambil beberapa teman dan merampingkan pegawai tapi malah pegawainya nggak bisa kerja dan banyak yang pulang kampung. Jadi pengalaman ini aku jadikan tema,” paparnya.

Disinggung soal lirik, Uchie mengaku lirik lagunya ditulisnya sendiri bersama sang suami. “Aranger lagu ini Ical Gumilang. Penggarapan lagu cepat banget. Lebih kurang seminggu,” ungkap Uchie.

Beda dangdut beda lagi pop religi. Menurutnya, kesulitannya pun berbeda pula. “Kesulitannya sih lebih ke penghayatan kali ya. Karena secara vokal memang nggak seperti dangdut yang banyak cengkok. Jadi sekarang religi lebih ke penghayatan. Jadi ini religi pertama aku, sebelumnya single dangdut sudah ada enam lagu,” akunya.

Tak hanya itu, Uchie pun menyatakan dirinya akan beralih genre. “Aku beralih dari dangdut ke religi karena berpikir umur. Semakin ke sini kan berpikir ingin yang lebih baik. Kita mau hijrah kan nggak menunggu sesuatu musibah dulu. Yang penting ada niat ya udah pelan-pelan dulu. Setelah religi ini sih pengen pindah genre. Pilih pop aja, jadi nggak jingkrak-jingkrak lagi,” pungkas Uchie Gopol. yz