TNI AL Ikuti 7th Indian Ocean Naval Symposium

by

Konsepnews.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengikuti 7th Indian Ocean Naval Symposium (IONS) 2021 secara video teleconference (vicon) dari Ruang Rapat Staf Operasi (Sops) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (29/6).

7th IONS yang digelar di La Reunion Island (wilayah Perancis di Samudera Hindia) ini diikuti secara langsung oleh 15 delegasi negara dan secara vicon oleh 17 negara dan akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 29 Juni 2021.

IONS merupakan serangkaian pertemuan dua tahunan di antara angkatan laut negara – negara pesisir di wilayah Samudera Hindia yang menyediakan forum untuk meningkatkan kerja sama keamanan maritim, membahas masalah maritim regional, dan mempromosikan hubungan persahabatan di antara negara-negara anggota.

Symposium pertama kali diadakan pada tahun 2008 dengan India sebagai tuan rumah dan selanjutnya untuk ketua serta lokasi kegiatan bergantian di antara negara anggotanya.

Pada hari kedua kegiatan symposium ini TNI AL yang diwakili Kepala Pusat Komando dan Pengendalian TNI Angkatan Laut (Kapuskodal) Laksamana Pertama TNI Agoeng Moh Kancana S berkesempatan menjadi salah satu panelis dalam diskusi panel tentang Human Assistance Disaster Relief (HADR) dengan tema “HADR, Our Compelling Duty For The Benefit Of All”.

Asisten Operasi Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto dalam paparannya yang dibacakan Kapuskodal mengatakan bahwa negara-negara di kawasan Samudra Hindia tidak dapat terbebas dari masalah bencana alam dan kemanusiaan.

Masalah tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan kesiapan yang baik, TNI AL selama ini selalu berperan aktif dalam setiap penanganan bencana alam dan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lebih lanjut dikatakan setiap negara mungkin memiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda sehingga akan lebih baik apabila terjalin kerja sama multinasional dalam operasi penanggulangan bencana alam dan kemanusiaan karena tidak ada negara yang bisa mengatasi masalah tersebut sendirian. IONS adalah salah satu kerangka kerja terbaik dan merupakan solusi yang baik dan saling menguntungkan.

Dalam acara tersebut, selain serah terima Chairmanship dari Iran kepada Perancis juga dilaksanakan Environmental Security Workshop Tema: “Environmental Risks, The Next Common Major Issue”, Diskusi Panel tentang Marsec Tema “Marsec, Much Already Done, Much Still To Do” dan Diskusi Panel tentang Info Sharing and Interoperability Tema “Enhanced Interoperability Through More Effective Information Sharing”. yz