Tujuh Desa di Cilacap Jawa Tengah Terdampak Kekeringan

by

JAKARTA, KONSEPNEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, melaporkan bahwa jumlah desa yang terdampak kekeringan di wilayah tersebut telah bertambah menjadi tujuh desa, tersebar di empat kecamatan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap, Budi Setyawan, menyatakan tujuh desa yang terdampak kekeringan adalah Desa Bojong, Kawunganten, dan Kubangkangkung di Kecamatan Kawunganten; Desa Rawaapu dan Bulupayung di Kecamatan Patimuan; Desa Matenggeng di Kecamatan Dayeuhluhur; serta Desa Karanggintung di Kecamatan Gandrungmangu.

Namun, ia menegaskan bahwa tidak semua wilayah dusun di tujuh desa tersebut terdampak kekeringan.

Budi menyampaikan bahwa total ada 12 dusun di tujuh desa tersebut yang mengalami kekeringan, dengan jumlah warga yang terdampak mencapai 8.344 jiwa dari 2.764 keluarga.

Untuk mengatasi masalah ini, BPBD Kabupaten Cilacap telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 31 tangki hingga Rabu (2/8) untuk membantu warga yang terdampak kekeringan di wilayah tersebut.

Budi mengungkapkan bahwa wilayah yang paling banyak menerima bantuan air bersih saat ini adalah Desa Bojong, di mana terdapat tiga dusun yang terdampak kekeringan, yakni Bugelsampang, Jayagiri, dan Gunungjaya.

Tak hanya itu, Budi juga menjelaskan bahwa Desa Bojong merupakan wilayah yang pertama kali terdampak kekeringan pada musim kemarau 2023.

“Total bantuan air bersih yang telah disalurkan ke Desa Bojong hingga saat ini mencapai 13 tangki, dengan perincian untuk Dusun Bugelsampang sebanyak enam tangki, Jayagiri sebanyak lima tangki, dan Gunungjaya sebanyak dua tangki,” tambahnya.

BPBD Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk terus menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2023 dan akan disalurkan setelah pemerintah desa setempat mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Budi juga mengajak instansi, dunia usaha, dan organisasi kemasyarakatan untuk turut berpartisipasi dalam penyaluran bantuan air bersih, karena berdasarkan hasil pemetaan, wilayah yang rawan kekeringan di Cilacap mencapai 105 desa yang tersebar di 20 kecamatan. lk

No More Posts Available.

No more pages to load.