Turunkan Angka Pelanggaran Lalulintas, Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2023

by

 

Jakarta, Konsepnews.com –Polda Metro Jaya menggelar Gelar Apel pasukan operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi Operasi Keselamatan 2023 di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (7/2/2023). 

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran dan dihadiri PJ Gubernur DKI Jakarta, yang diwakili oleh Sekda dan dari seluruh instansi terkait serta Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Operasi Keselamatan Jaya 2023 rencananya akan digelar selama 7 hari mendatang.

“Polda Metro Jaya akan melaksanakan operasi Keselamatan Jaya 2023 mulai hari ini (Selasa) tanggal 7 Februari sampai dengan 20 Februari 2023 ,” kata Trunoyudo.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya 2023 ini, pihaknya lebih mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif, terutama dalam edukasi pada masyarakat tentang pentingnya keselamatan.

“Operasi ini juga untuk menyambut persiapan Ramadan sehingga didahului kesiapan kita untuk edukasi masyarakat betapa pentingnya masalah keselamatan,” ucapnya.

Dirlantas menyebut, pihaknya akan mengedepankan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). 

“Kami akan memanfaatkan kamera ETLE baik yang statis maupun ETLE Mobile,” kata Latif.

Sasaran penindakan, kata Latif, pihaknya akan melakukan secara mobile dengan berpatroli dan bergerak pada tempat-tempat yang sering ditemukannya pelanggar lalu lintas.

“Contohnya yang menjadi sasaran utama adalah melawan arus, tidak menggunakan helm, pengemudi di bawah umur, ini memang sasaran utama kita, yang mengakibatkan banyak terjadi kecelakaan dan korban di Jakarta dan akan kita lakukan selama 7 hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Latif mengatakan kegiatan operasi tersebut dilakukan untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas. 

“Selain itu, Operasi Keselamatan Jaya 2023 juga diharapkan bisa menertibkan strobo dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban kecelakaan,” paparnya.

Dirlantas mengimbau kepada masyarakat khususnya para pengemudi kendaraan bermotor untuk tetap mematuhi aturan berlalulintas di jalan raya.

“Dengan begitu, diharapkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bisa terwujud,” katanya. Zan

No More Posts Available.

No more pages to load.