Warga Perbatasan RI – PNG Bantu Perbaiki Jalan Masuk Pos KM 140 Satgas Yonif 403/ Wirasada Pratista

by

Konsepnews.com, Keerom Papua – Menyambut HUT ke-56, Yonif 403/ memperindah Pos KM 140 agar terlihat lebih segar, terutama akses masuk. Kalau sebelumnya terbuat dari kayu, diganti beton. Akses jalan masuk juga diperkeras.

Menariknya, kegiatan pembenahan Pos tersebut mendapatkan bantuan berupa tenaga dan semen dari masyarakat di Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si. dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Jumat, (30/7/2021).

“Hal ini sangat kami apresiasi karena telah berhasil merebut hati rakyat dengan mengedepankan 3S (Syaloom, Senyum, Sapa),  sehingga mampu mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Tidak lupa, kami juga mendorong Personel Pos KM 140 untuk selalu menjaga hubungan baik dengan rakyat,” ucap Dansatgas.

Dibenarkan oleh Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Hengky Dwi C. menyebutkan bahwa kegiatan pembenahan Pos ini awalnya hanya dilaksanakan oleh personel Pos KM 140 saja, tidak disangka masyarakat juga turut serta membantu dalam pembenahan Pos terutama pembenahan akses jalan pintu masuk Pos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Karena sering duduk santai bersama warga dengan kami siapkan kopi, biskuit dan sesekali makanan getuk buatan prajurit Pos, sambil ngobrol-ngobrol ringan setiap harinya. Tidak disangka, melihat kami sedang melaksanakan pembenahan Pos masyarakat juga turut serta membantu kegiatan pembenahan Pos,” kata Hengki.

“Selain membantu tenaga, masyarakat juga menyumbang 5 (lima) karung semen untuk memperkeras akses jalan masuk Pos KM 140 dan membuat ukiran tulisan Yonif 403/WP, serta Garuda Merah di samping kiri dan kanan jalan depan pintu gerbang Pos,” tambahnya.

Ondoafi Kampung Monggoefi, Damianus Onangge (54), menyambut gembira karena dirinya bersama warganya dapat membantu dan turut serta dalam pembenahan jalan akses pintu masuk Pos KM 140.

Damianus pun berharap kegiatan tersebut dapat mempererat hubungan harmonis antara Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista dengan masyarakat Kampung Monggoefi.

“Kami warga Monggoefi merasa senang dapat membantu Bapak Danpos dan abang-abang Pos KM 140. Ini boleh Bapak Danpos katorang jadi senang dan kami pun bersama warga semangat bisa bantu pos. Semoga kegiatan ini semakin mempererat silaturahmi warga Monggoefi dengan Pos Satgas TNI KM 140,” pinta Damianus. (ts)