YPJI dan HMTI Salurkan Bansos ke Wilayah Bencana di Subang dan Sumedang

by

Konsepnews.com, Jabar – Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) bekerja sama dengan mahasiswa Politeknik STMI Jakarta yang tergabung di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan untuk masyarakat di wilayah terdampak bencana, di Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang, Sabtu (13/3/2021).

Bantuan yang disalurkan oleh YPJI dan HMTI tersebut berupa sembako seperti beras, minyak goreng, susu, dan sejumlah makanan kaleng. Selain itu, ada juga berupa pakaian layak pakai serta uang tunai.

Bantuan sosial tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana Sigap Bencana HMTI Muhammad Hafizh Akbar dan Ketua Umum YPJI Andi Arif kepada Kepala Desa Mulyasari Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Hasanudin  Masawi.

Sedangkan di Kabupaten Sumedang, bantuan sosial diserahkan langsung kepada Ketua RT 01 Bapak Uu dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Pelaksana Sigap Bencana HMTI M Hafizh menyerahkan donasi uang tunai ke Ketua RT wilayah bencana Sumedang

Ketua Pelaksana Sigap Bencana HMTI dari Politeknik STMI Jakarta Muhammad Hafizh Akbar mengatakan, kegiatan donasi kerap dilakukan oleh pihaknya sebagai bentuk kepedulian dari mahasiswa kepada masyarakat terdampak bencana.

“Kita selalu bergerak menggalang donasi untuk wilayah bencana. Kali ini kita bekerja sama dengan abang-abang wartawan yang tergabung di YPJI. Terima kasih banyak karena kita telah dibantu menyalurkan donasi ini langsung ke warga yang terdampak bencana di Subang dan Sumedang,” ujar Hafizh.

Sementara itu, Ketua Umum YPJI Andi Arif memaparkan kegiatan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat memang sudah menjadi kegiatan rutin di YPJI, selain tujuan utamanya membantu rekan-rekan jurnalis, terutama di masa pandemi Covid-19.

Ketua Umum YPJI Andi Arif menyerahkan bantuan ke Ketua RT di wilayah bencana Sumedang

“Saya dan pengurus YPJI lain ikut turut membantu rekan-rekan mahasiswa HMTI dalam memberikan donasinya ke masyarakat terdampak bencana. Sekaligus, ikut memberikan donasi kita ke masyarakat di Subang dan Sumedang, yang mana sebelumnya kita juga telah menggalang donasi untuk membantu warga terdampak bencana,” papar Andi Arif.

Tak hanya itu, Andi Arif pun berharap, semoga bantuan yang disalurkan oleh YPJI dan HMTI dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah bencana. “Semoga apa yang kita salurkan ini dapat bermanfaat dan setidaknya ikut meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana,” tandas Andi Arif.

Dalam kesempatan kunjungan dan kegiatan donasi tersebut, selain Ketua Pelaksana HMTI dan Ketua Umum YPJI, juga dihadiri oleh sejumlah pengurus dari pihak YPJI dan HMTI.

Mahasiswa HMTI dan YPJI

Dari pihak HMTI turut hadir Maleakhi Rantelolo (Wakil Ketua HMTI), Nouval Filza Fachrezi (Kepala Biro Pengabdian Masyarakat), Deanisa Amara (Sekretaris Pelaksana), M Ana Nashrun (Kepala Biro Kewirausahaan), M Ezrahafidz Aqsadewa, Rudolf Junico (Anggota HMTI), dan Wildan Makarim (Anggota FLMPI).

Sedangkan dari pihak YPJI turut dihadiri oleh Wakil Ketua Umum YPJI Mambang Yazid, Catur Prayitno (Pengurus YPJI), Arif Yunianto (anggota Dewan Pengawas YPJI), serta perwakilan dari Serikat Wartawan Indonesia (SWI) Edi Triono. yz