Sambut HUT ke 72, Korem 061/SK Gelar Aksi Donor Darah Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler

by

Konsepnews.com, Bogor – Tingginya permintaan akan darah dan plasma konvalesen di wilayah Kota Bogor, membuat Korem 061 Suryakancana terpanggil untuk ikut membantu persediaan darah reguler dan plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor.

Donor plasma konvalesen adalah metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Syarat utama pendonor plasma konvalesen adalah orang yang sudah sembuh dari Covid-19, sehat dan bebas gejala selama 14 hari setelah sembuh, serta tidak memiliki komorbid. Mereka yang memenuhi kriteria tersebut dapat menghubungi UDD PMI.

Petugas akan mengatur waktu untuk pemeriksaan dan pengambilan sampel darah. Jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan menggunakan metode apheresis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M. kepada awak media usai mengikuti donor darah yang digelar di aula Makorem 061/SK, Kamis (26/8/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 061/SK, Jumat (27/8/2021), Danrem menegaskan bahwa pelaksanaan aksi donor plasma konvalesen dan donor darah regular, dalam rangka memperingati HUT Korem 061/SK ke 72.

“Aksi ini tentunya untuk membantu PMI Kota Bogor dalam memenuhi ketersediaan darah, baik darah reguler maupun plasma Konvalesen. Jumlah total pelaksanakan donor sebanyak 350 orang, terdiri dari 150 donor plasma Konvalesen dan 200 donor darah reguler,” jelas Danrem.

Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P.,M.M  menjelaskan bahwa kebutuhan  pendonor di kota Bogor untuk darah reguler yaitu sebanyak 3000 orang per bulan, sementara untuk donor plasma konvalesen untuk 300 Orang.

“Maka dari itu, kita berusaha ikut berpartisipasi dan memberikan perhatian dan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kota Bogor,” ujar Danrem menambahkan.

Menurut Danrem, satu orang pendonor, bisa membantu 100 orang atau 100 jiwa. Jika menargetkan 150 saja dikalikan 100 orang, maka akan ada 15.000 jiwa yang bisa terbantu. Plasma Konvalesen bisa diberikan kepada pasien penderita Covid-19 gejala berat.

Selain dalam rangka memperingati HUT Korem 061/SK ke 72, kegiatan donor darah juga sesuai dengan perintah Presiden RI maupun Panglima TNI untuk sama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19.

“Semoga saja semua ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini,” jelasnya lagi.

Ketua PMI Kota Bogor, H. Edgar Suratman SE.MM, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Danrem atas gagasan dan sumbangannya yang tiada henti, yang telah banyak membantu memenuhi ketersediaan darah reguler dan plasma konvalesen.

Kebutuhan donor darah saat ini, baik donor darah reguler maupun plasma konvalesen sangat tinggi sementara stok darah yang tersedia di PMI masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Danrem yang mendukung PMI dalam memenuhi kebutuhan  darah. Semoga hasilnya maksimal, seperti yang diharapkan. Kebutuhan darah di kota Bogor mencapai lebih dari 3.000 per bulan,” ujar Ketua PMI Bogor.

Peserta donor darah berasal dari personel TNI di wilayah Bogor, diantaranya Korem 061/SK, Yonif 315/Grd, Batalyon 14 Kopassus, Pusdikzi dan Lanud Atang Sanjaya. Selain melibatkan ormas Hipakad, GM.FKPPI, FKPPI dan pemuda Panca Marga, serta anggota Persit KCK dari Korem 061/SK dan masyarakat sipil.

Seluruh rangkaian kegiatan donor darah dihadiri oleh para Kasi Korem 061/SK dan Dandenkes RS. Salak, Bogor. (Dispenad)

No More Posts Available.

No more pages to load.