Hambat Penyebaran Covid-19 di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti Bantu Pemerintah Lakukan Gerakan 3T

by

Konsepnews.com, Bengkayang – Guna menekan angka penularan Covid-19, Pemerintah RI terus menggaungkan gerakan 3T (testing, tracing dan treatment) hingga ke perbatasan negara, seperti  Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Kesanalah, Satuan Tugas Pengaman Perbatasan Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti, memasyarakatkan Gerakan 3T.

Kegiatan ini berlangsung di lingkungan SMA Negeri 1 Jagoi Babang,  Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. Demikian disampaikan Komandannya, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P, dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis, Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (4/8/2021).

Kegiatan 3T dilaksanakan oleh 2 personel Satgas Pamtas pos Kout, dipimpin oleh Dantonkes Letda Ckm Franky Hamonangan Saragih, bekerja sama Koramil 1202-09/Jagoi Babang, Polsek Jagoi Babang dan Puskesmas Jagoi Babang.

Menurut Hendro Wicaksono, gerakan 3T berupa tes swab, diberikan untuk memastikan keamanan para guru dan murid, guna mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di wilayah Kecamatan Jagoi Babang.

“Gerakan 3T juga dimaksudkan untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah,” ujar Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P.

Personel Satgas Pamtas bersama Koramil, Polsek dan Puskesmas setempat melakukan pelacakan Covid-19 dengan Gerakan 3T dilakukan hingga ke pedesaan dan perkampungan.

“Satgas Pamtas bersama seluruh elemen dan komponen bersama-sama untuk menurunkan kasus positif Covid-19 tersebut. Salah satu upaya yang saat ini kita sedang laksanakan adalah melaksanakan 3T,” kata Dansatgas.

Di tempat terpisah, Dantonkes Letda Ckm Franky, mengatakan kegiatan 3T dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah yang sudah masuk KBM tatap muka. Tujuannya agar para guru dan murid dapat terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19.

Kepala Puskesmas Jagoi Babang,  Wenseslaus mengatakan,  langkah 3T secara masif merupakan langkah pemerintah yang diambil dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Dispenad)