Kaskoarmada I Hadiri Pembacaan Taklimat Awal oleh BPK RI

by

Konsepnews.com, Jakarta – Kepala Staf Komando Armada I (Kaskoarmada I) Laksma TNI Bambang Irwanto menghadiri Pembacaan Taklimat Awal oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Koarmada I, di Matjan Tutul Mako Koarmada I Jakarta, Senin (21/12/2020).

Dalam sambutan tertulis, Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K yang dibacakan Kaskoarmada I, mengatakan, pembenahan dan penyempurnaan di berbagai bidang harus kita laksanakan bersama, sebagai langkah positif bagi perkembangan suatu organisasi.

“Saya percaya, bahwa pelaksanaan pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Kemenhan dan TNI Tahun 2020 oleh Tim Wasrik BPK RI ini, akan memberikan dampak positif untuk mewujudkan Clean Government and Good Governance di jajaran Koarmada I”

Kepada seluruh jajaran Koarmada I, Pangkoarmada menekankan untuk bekerja sama dengan tim Wasrik.

“Tindak lanjuti dan laksanakan dengan segera, perbaikan-perbaikan atas apa yang menjadi temuan dari Tim Wasrik. Agar apa yang menjadi misi kita, menjadikan postur organisasi Koarmada I yang lebih baik dan sehat, guna mendukung Renstra TNI Angkatan Laut berjalan dengan baik.” tegas Pangkoarmada mengakhiri sambutan tertulisnya.

Pengendali Teknis Tim Wasrik BPK RI, Abdul Hakim dalam sambutannya mengatakan Wasrik BPK yang akan dilaksanakan di Koarmada I dalam 2 hari ke depan ini akan melaksanakan Pemeriksaan Interim, yang berarti pemeriksaan yang dilakukan pada saat periode akuntansi masih berjalan dan belum berakhir.

Tujuan dari pemeriksaan interim adalah pemutakhiran profil risiko dan pengendalian Internal, pengujian dan pemantauan tindak lanjut pemeriksaan sebelumnya dan menilai dampaknya pada laporan keuangan tahun 2020, Melakukan pengujian fisik atas kas dan persediaan serta pengujian substantif terbatas atas transaksi pendapatan dan belanja.

Tim Wasrik BPK RI yang berjumlah 6 orang akan melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di Koarmada I selama 2 hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. yz