KRI Beladau 643 Cepat Tangani Musibah Kebocoran Kapal di Selat Singapura

by

Konsepnews.com, Batam – KRI Beladau-643 BKO Guspurla Koarmada I yang sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Singapura bergerak cepat dalam menindaklanjuti laporan kapal MV. TSHD King Richard yang lego jangkar di Batu Ampar mengalami kebocoran di Selat Singapura, Sabtu (12/12/2020) lalu.

Kronologis kejadian kebocoran kapal, pada pukul 17.11 Wib Batam VTS melaporkan adanya kapal yang sedang mengalami kebocoran via radio CH.16, selanjutnya meminta KRI Beladau-644 untuk melaksanakan evakuasi terhadap ABK kapal tersebut.

Selanjutnya pada pukul 17.15 Wib, KRI Beladau-643 bergerak menuju posisi MV. TSHD King Richard X. Setibanya dilokasi kejadian, KRI Beladau-643 melaksanakan evakuasi terhadap 4 orang ABK MV. King Richard X dalam keadaan aman ke atas KRI Beladau-643, yakni Agus Wahyu Triadi (Mualim 3), Adi Ika Saparna (Juru Mudi), Mikael Siahaan (Oiler), dan Zaenudin (Juru Mudi).

Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan memerintahkan Asops Guskamla I Kolonel Laut (P) Fajar Kurniawan untuk koordinasi dengan KSOP Batam dan Batam VTS dan terus memantau kegiatan pengamanan kapal tersebut. Hal tersebut sesuai dengan direktif Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K. yz