Mulyadi Jayabaya: Munas VIII Hadirkan Semangat Baru di Kadin

by

Konsepnews.com, Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten Mulyadi Jayabaya mengatakan, perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin yang akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Juni 2021 mendatang, mampu menghadirkan semangat baru. Hal tersebut sangat dirasakan oleh para pengurus Kadin di berbagai daerah.

“Pada Munas kali ini hadir semangat untuk merangkul Kadin-Kadin di daerah. Calon ketua umum hadir ke berbagai daerah di Indonesia, bersilaturahmi, merangkul serta menawarkan gagasan untuk memajukan Kadin ke depan, mendorong potensi daerah, serta membawa program untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Mulyadi Jayabaya di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Mulyadi pun optimistis, semangat inklusif dan kolaboratif ini nantinya akan terus dijaga oleh ketua umum Kadin terpilih.

Mantan Bupati Lebak ini juga meyakini jika Munas VIII akan membawa arah baru bagi kemajuan Kadin Indonesia. “Jika ada bumbu demokrasi dalam dua bulan terakhir ini, saya kira wajar saja. Yang pasti, semua menginginkan Kadin semakin maju,” tuturnya.

Mulyadi Jayabaya juga membantah jika perhelatan Munas Kadin dikait-kaitkan dengan dukungan politik tertentu. Kadin, kata dia, adalah organisasi besar yang menaungi para pengusaha Indonesia. “Tidak ada dukung-mendukung politik. Fokus Kadin adalah memperkuat ekonomi bangsa,” tukasnya.

Sementara Ketua Umum Kadin Bengkulu Fery Rizal turut memastikan Kadin daerah siap menyukseskan Munas VIII yang akan digelar di Kendari. Bersama para pengurus Kadin dari berbagai daerah lain, Fery pun yakin Munas di Kendari akan berjalan lancar, damai dan aman, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hingga saat ini, kata dia, terdapat 25 dari 34 Kadin daerah, yang memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan Munas di Kendari. Apalagi, terang Fery, pemilihan lokasi juga telah didasarkan melalui pertimbangan yang matang. Terutama, karena Kendari memiliki tingkat persebaran Covid-19 yang relatif rendah.

Ketua Umum Kadin Riau, Juni Ardianto Rachman juga menegaskan optimismenya atas pelaksanaan Munas di Kendari. Apalagi secara keseluruhan, jumlah peserta Munas diperkirakan hanya sekitar 250 peserta saja.

Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara Anton Timbang telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar Munas VIII Kadin. Sebagai tuan rumah, Kadin Sulawesi Tenggara memastikan akan memberikan sambutan terbaik kepada para peserta, delegasi serta para tamu undangan yang akan hadir di provinsi berjuluk Bumi Anoa tersebut.

Untuk menyiapkan segala aspek teknis secara rinci, Kadin Sulawesi Tenggara telah membentuk kepanitiaan lokal yang berisi 192 orang. Mereka berbagi tugas, mulai dari mempersiapkan lokasi pelaksanaan Munas, teknis acara, penginapan, transportasi,  penjemputan peserta, delegasi dan tamu undangan, menyiapkan perlengkapan, kesehatan, keamanan, kesekretariatan, hingga tim media dan humas.

Masih berada dalam situasi pandemi, Anton Timbang menegaskan, panitia akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tim dari Satgas Covid-19 akan dilibatkan untuk memantau kesehatan peserta, delegasi dan berbagai pihak yang akan menghadiri pelaksanaan Munas.

“Kami telah menyiapkan 3.000 antigen untuk memastikan peserta, delegasi atau siapa saja yang hadir di lokasi Munas VIII benar-benar sehat, negatif Covid-19,” pungkas Anton. yz