Pelantikan Pejabat Tinggi Madya, KLHK dan BRGM Bersinergi Penuhi Target Presiden

by

Konsepnews.com, Jakarta – Menteri LHK Siti Nurbaya melantik dua Pejabat Tinggi Madya (Eselon I) lingkup Kementerian LHK di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti Jakarta, Jumat (9/4/21).

Adapun pejabat yang dilantik yaitu Ruandha Agung Sugardiman sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) dan Laksmi Dhewanthi sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI).

Selanjutnya, dilaksanakan juga pelantikan lima Pejabat Tinggi Madya lingkup Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) oleh Kepala BRGM Hartono.

Lima pejabat lingkup BRGM yang dilantik yaitu Ayu Dewi Utari sebagai Sekretaris Badan Restorasi Gambut dan Mangrove; Satyawan Pudyatmoko sebagai Deputi Bidang Perencanaan dan Evaluasi; Tris Raditian sebagai Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan; Myrna Asnawati Safitri sebagai Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan; serta Gatot Soebiantoro sebagai Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan bahwa pelantikan ini mendesak dilakukan, mengingat ketujuh posisi di KLHK dan BRGM tersebut merupakan motor-motor dari urat nadi, dan core (inti) persoalan-persoalan lingkungan dan kehutanan yang ada sekarang.

“Di planologi misalnya, maka sangat penting persoalan-persoalan terkait dengan pengukuhan hutan, tata batas, reforma agraria, kepastian hukum hutan, dan penyelesaian konflik. Itu semua kuncinya ada disana (PKTL). Begitu pun Ditjen PPI, dalam menahan kerusakan bumi, apapun instrumennya dan ukurannya. Sedangkan di BRGM, gambut dan mangrove itu juga core dan “maskotnya” Bapak Presiden untuk diselesaikan, dalam konteks rehabilitasi, dan pemulihan lingkungan,” tuturnya.

Menteri Siti mengungkapkan tentu bukan hal yang mudah untuk memenuhi target tersebut.

Diperlukan keterlibatan seluruh jajaran untuk menopang, dan dengan kerja bersama. Presiden Joko Widodo juga dalam berbagai kesempatan mengatakan dirinya terus mengikuti hal ini dengan baik termasuk segala situasinya di lapangan.

Lebih lanjut, Menteri Siti menyampaikan ada hal penting di balik pelaksanaan pelantikan Pejabat Tinggi Madya di KLHK dan BRGM ini, yang menandakan bahwa persoalan yang dihadapi KLHK dan BRGM melibatkan instrumen kebijakan yang majemuk.

Oleh karena itu, diperlukan kerja-kerja yang simultan dan bersinergi antara KLHK dan BRGM.