President University Rilis Program Beasiswa, Bersama Disdik Jabar dan PRTV

by

Konsepnews.com – Kepedulian Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam meningkatkan pendidikan di Jawa Barat, salah satunya ditunjukkan dengan menggandeng Jababeka (President University) sebagai pemberi beasiswa, serta juga media massa Pikiran Rakyat sebagai media penyelenggara. Baru-baru ini, President University, di Menara Batavia, Jakarta, secara resmi mengumumkan bakal segera menggelar program beasiswa.

Nantinya, beasiswa ini adalah untuk membiayai pendidikan S1 dari President University. Beasiswa adalah pemotongan biaya pendidikan dari 20 sampai dengan 100 persen, yang berdasarkan hasil tes online. Peserta yang bisa ikut beasiswa ini adalah para siswa-siswi kelas XII SMA atau sederajat.

Di kesempatan jumpa pers, di Menara Batavia Jakarta, Rabu (26/02/2020), Country Director President University, Michael Rino menyatakan saat ini dunia tengah menghadapi revolusi industri keempat (industri 4.0.). Dunia berkembang begitu pesat dan membawa dampak terciptanya pasar baru. “Ini juga berdampak ke segala aspek, termasuk dunia pendidikan,” ujarnya.

Rino menyebutkan, President University memberikan beasiswa penuh dan parsial, tergantung kepada hasil seleksi dari tes online Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA), serta wawancara. Di kesempatan itu, juga dihadiri oleh Advisor President University, Dr Agus Canny Witjaksono Chairman PRTV, Mila Cheah Chief Operating Officer PRTV, dan Direktur PRTV, Oki.

Disebutkan pula, bahwa untuk pendaftaran dan tes online, beasiswa akan dimulai dari tanggal 26 February sampai dengan 10 Maret 2020. Beasiswa Jababeka juga pernah digandeng oleh pemda Palu, Aceh dan Gorontalo, dan kali ini oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat. Peningkatan mutu SDM di Jabar juga mendukung program Merdeka Belajar.

Bagi siswa-siswi SMA atau SMK sederajat yang berprestasi secara akademik dan non-akademik, dapat memanfaatkan Beasiswa Sejababeka. Beasiswa diperuntukan bagi siswa dan siswi yang telah memenuhi syarat dan ketentuan administrasi serta memenuhi standarisasi nilai masuk di President University tanpa melalui tes.

Beasiswa akan membiayai beberapa hal, di antaranya untuk biaya pendidikan S1 dari President University. Beasiswa berupa pemotongan biaya pendidikan dari 20-100 persen berdasarkan hasil tes online. Peserta yang bisa ikut dibatasi pada siswa – siswi kelas XII SMA atau sederajat.

Lalu tes dapat dilakukan di aplikasi Pikiran Rakyat atau melalu link resmi yang diberikan Pikiran Rakyat. Pendaftaran dan tes online dimulai dari tanggal 26 February sampai dengan 10 Maret 2020.

Sementara itu, Mila Cheah, COO (Chief Operating Officer) Pikiran Rakyat TV (PRTV) menjelaskan, untuk proses registrasi dan test online OSP cukup mudah, siswa siswi SMA/K sederajat cukup dengan mendownload aplikasi PRTV yang sudah tersedia di platform android dan ios.

Peserta wajib mengisi data pada saat registrasi yang tersedia di aplikasi PRTV di menu ke 4 PRTV bagian registrasi online. Peserta akan mendapat petunjuk selanjutnya via email yang didaftarkan pada saat registrasi awal. Pengumuman serta info terkini juga akan update di aplikasi PRTV, sehingga memudahkan peserta untuk mendapatkan informasi seputar OSP.

“Ini 3 langkah simple dan cerdas OSP, download aplikasi PRTV di android atau ios, isi Formulir Register di Menu Ke-4 PRTV bagian register OSP, lalu cek email kamu dan mulai Tes Online OSP,” jelas Mila Cheah.

Menyoal prosedur pendaftaran yang hanya dapat dilakukan secara online, peserta wajib mengisi data diri secara terperinci untuk menerima informasi dan pengumuman, yakni seperti nama lengkap sesuai di Rapor atau ijazah, email dan nomer ponsel yang aktif, alamat rumah lengkap dengan nama jalan, provinsi, kabupaten/kota, kelurahan atau kecamatan dengan kodepos.

Dokumen harus dilengkapi dalam bentuk softcopy (format .JPG). Disertakan puka kartu identitas (Kartu Pelajar/ KTP/SIM/Passport), Rapor SMA/SMK/Sederajat kelas X, XI (semester 1-4) juga disertai halaman depan data sekolah. Calon penerima beasiswa harus mengirimkan dokumen softcopy ke beasiswa2020@president.ac.id, dengan Subject: Pendaftaran “Nomer Registrasi, Jurusan; Nama Lengkap”
 
Untuk pengumumannya, President University akan mengirimkan surat Letter of Acceptance (LoA), melalui (1) Email; (2) WA; (3) Pos Indonesia, paling lambat satu minggu setelah seleksi masuk. Calon penerima beasiswa bisa cek status beasiswa di admission.president.ac.id dengan memasukan Nomer Registrasi dan Password. Apabila setelah satu minggu tidak menerima LoA, calon bisa menghubungi Office of Admission. Lalu Virtual Account Bank Mandiri akan segera aktif digunakan setelah H+3 dari tanggal LoA.

Sementara untuk persyaratan, secara umum diajukan untuk WNI, berbadan sehat dan bebas dari Narkoba. Program beasiswa ini erlaku bagi calon lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2020, atau maksimal dua tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai. Selain itu, nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dirapor harus minimal 80 pada masing-masing mata pelajaran dari semester 1-4. ic