Tangerang Selatan Minta PPKM Diturunkan Levelnya

by

Konsepnews.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (PemKot Tangsel) mengeklaim, wilayahnya sudah layak melanjutkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan level yang rendah.

Benyamin Davnie selaku Walikota Tangerang Selatan mengatakan, PPKM level 4 yang diterapkan sejak 3 Juni 2021 di wilayahnya berjalan efektif. Dia berharap PPKM di wilayahnya diturunkan ke level 3 pada saat diperpanjang.

“Saya berharap PPKM di Tangerang Selatan berlanjut ke level 3,” kata Benyamin di Gedung Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.

Menurut Benyamin saat ini pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat terkait dengan perpanjangan masa PPKM level 4 ini.

Menurut dia, pihaknya baru akan melaksanakan rapat evaluasi bersama dengan pemerintah pusat untuk menentukan status PPKM yang bakal diterapkan selanjutnya.

“Tergantung nanti evaluasi hari ini, terakhir, bersama Wapres. Mudah-mudahan turun ke level 3. PPKM akan terus dilakukan, tapi levelnya level berapa,” kata Benyamin

Penurunan level PPKM di Tangerang Selatan diharapkan Benyamin karena tingkat keterisian empat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 menurun signifikan.

“Keterisian tempat terus turun,” kata Benyamin.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, tempat tidur isolasi pasien Covid-19 terisi 76 persen. Sedangkan intensive care unit (ICU) terisi 86 persen.

Namun, Benyamin mengakui bahwa positivity rate di wilayah masih cukup tinggi selama PPKM Level 4, yakni lebih dari 5 persen.

“Walau angka penularan masih di atas lima persen. Tapi angka kematian turun sekarang 2,8 atau 2,9, kemarin standar 3,3 persen,” ungkap Benyamin.