TNI AL Dukung Pemerintah dalam Penanganan Covid-19, PEN, dan Vaksinasi Nasional

by

Konsepnews.com, Jakarta – “Sebagai komponen utama pertahanan negara yang sekaligus bagian dari Rakyat Indonesia, TNI Angkatan Laut mendukung kebijakan pemerintah dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN) serta Program Vaksinasi Nasional”.

Penekanan tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL Tahun 2021 di Auditorium Detasemen Markas (Denma) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/2/2021).

Kasal mengingatkan kepada seluruh pejabat TNI AL untuk memfokuskan penggunaan anggaran sesuai prioritas TNI AL dan menyikapi kebijakan refocussing anggaran, sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN).

Sementara itu, pelaksanaan aplikasi di lapangan dalam mendukung program PC PEN TNI AL bersinergi dengan Polri dan instansi pemerintah lainnya (pusat dan daerah).

“Ingatlah selalu instruksi Bapak Presiden RI kepada TNI-Polri untuk menjadi organisasi modern dengan tata kelola yang baik, yang transparan, akuntabel, dan bebas dari tindak korupsi,” tegasnya.

Kegiatan Rapim TNI AL dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan kebijakan pemerintah dan Panglima TNI tahun 2021, di samping untuk mengevaluasi pencapaian program dan kegiatan TNI AL tahun 2020, mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang dihadapi serta menemukan solusi pemecahan dan tidak lanjut penyelesaiannya dalam rangka meningkatkan kinerja dan hasil pelaksanaan tugas pokok, menyampaikan rencana program dan anggaran TNI AL tahun 2021 serta membahas hal-hal yang menonjol dan berpengaruh pada pelaksanaan program kerja TNI AL ke depan.

Rapim yang mengusung tema, “TNI AL yang Profesional Modern dan Tangguh Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”, ini diikuti 299 peserta dimana 31 peserta mengikuti kegiatan melalui tatap muka langsung di Mabesal sementara sisanya 268 peserta lainnya melaksanakan rapat secara daring di 69 wilayah Satuan Kerja (Satker) masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal juga menyampaikan kebijakan tahun 2021 diantaranya empat fokus kebijakan yang merupakan turunan dari sembilan Prioritas Kasal dengan target untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan TNI AL dalam melaksanakan tugas.

Empat fokus kebijakan tersebut terdiri dari pembangunan sumber daya manusia, pembinaan kesiapan operasional, pengembangan kemampuan dan peningkatan interoperabilitas.

Kasal berharap agar tahun 2021 menjadi lebih baik dari tahun 2020. Lebih banyak kapal yang beroperasi di laut, lebih banyak pesawat yang terbang, lebih banyak pasukan dan kendaraan tempur yang dioperasikan.

TNI AL harus lebih tanggap dan lebih cepat hadir di garis depan serta lebih tangkas menuntaskan tugas. Semuanya dilakukan sesuai cita-cita untuk mewujudkan Jalesveva Jayamahe dalam sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.