11 Orangutan Sumatra Hasil Repatriasi Telah Tiba di Sumut dan Jambi

by

Konsepnews.com, Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar RI Kuala lumpur dan Kedutaan Besar RI Bangkok telah berhasil memulangkan 11 individu Orangutan Sumatra (Pongo abelii) yang terdiri dari 9 orangutan dari Malaysia dan 2 orangutan dari Thailand.

Kesebelas orangutan tersebut, Jumat (18/12/2020), telah sampai di Sumatra Utara (Sumut) dan Jambi untuk melakukan karantina sebelum nantinya dikembalikan ke habitatnya.

Sembilan orangutan dari Malaysia diterbangkan ke Sumatra Utara sedangkan dua orangutan dari Thailand diterbangkan ke Jambi.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Utara, Hotmauli Sianturi, mengatakan bahwa 9 orangutan ini akan menjalani proses karantina dan rehabilitasi.

Yaitu di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan di Sibolangit yang dikelola Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Utara (BBKSDA Sumut) bersama Yayasan Ekosistem Lestari dibawah kerjasama Program Konservasi Orangutan Sumatera (Sumatran Orangutan Conservation Programme – SOCP), untuk menjalani perawatan dan proses rehabilitasi, dan nantinya dapat dilepasliarkan ke habitat alaminya.

“Kita semua berharap bahwa semua orangutan sumatera yang sudah dipulangkan ke Indonesia (Repatriasi) khususnya ke Sumatra Utara dapat direhabilitasi dan nantinya mampu beradaptasi ketika dilepasliarkan ke habitat alaminya,” ungkap Hotmauli.

Di lokasi berbeda, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi (BKSDA Jambi), Rahmad Saleh, menyampaikan bahwa 2 orangutan ini akan menjalani proses karantina yang bekerjasama dengan Frankfurt Zoogical Society (FZS).

“Proses repatriasi merupakan salah satu bentuk upaya pelestarian satwa liar, khususnya Orangutan Sumatra,” kata Rahmad.

Repatriasi 11 individu orangutan dari Malaysia dan Thailand kembali ke Indonesia menunjukkan keseriusan dan komitmen kuat Pemerintah Indonesia dalam upaya melestarikan satwa liar.

Selain itu, repatriasi ini juga menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia, Malaysia dan Thailand dalam memerangi tindak kejahatan penyelundupan satwa langka sekaligus.

Kepala BBKSDA Sumut dan Kepala BKSDA Jambi pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam kegiatan repatriasi ini.

Yakni Balai Karantina Pertanian Kelas I Kualanamu, KPP Bea Cukai TMP B Kualanamu, Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, FZS, YEL-SOCP, Angkasa Pura II, dan semua pihak yang terlibat. yz